Kompas TV nasional peristiwa

Viral Lampu Masjid Istiqlal Warna-Warni, PUPR: Itu Hanya Maintenance

Kompas.tv - 12 September 2021, 22:45 WIB
Penulis : Edika ipelona

Viral Lampu Masjid Istiqlal Warna-Warni, PUPR: Itu Hanya Maintenance

JAKARTA, KOMPAS.TV - Baru-baru ini ramai di media sosial perbincangan mengenai lampu di ruang utama Masjid Istiqlal berwarna-warni. Bahkan, topik mengenai Istiqlal menjadi salah satu topik trending di media sosial Twitter. 

Banyak warganet yang menyayangkan warna lampu ini. Mereka beranggapan bahwa warna lampu ini tidak cocok dan tidak layak dengan Masjid Istiqlal. 

Apakah benar pencahayaan ini permanen diganti? Jurnalis Kompas TV memeriksa kebenarannya. Perencana Tata Cahaya Revitalisasi Mesjid Istiqlal 2018-2021 Danang Ismoyo, saat dikontak oleh KompasTV mengatakan bahwa, lampu yang berwarna-warni tersebut hanya untuk maintenance atau perawatan berkala saja. Perawatan lampu sendiri biasanya dilakukan setiap enam bulan atau setahun sekali. 

Pernyataan ini kemudian didukung oleh Rutilawati, PPK Bina Penataan Bangunan 1 Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jakarta Metropolitan. "biasanya kalau lagi “warna-warni” lagi di testcomm atau sedang dilakukan maintenance berkala."

"Untuk sehari-hari atau untuk kapan saja sih sebenarnya tidak pernah dipakai" tambahnya. 

Menurut Danang, penggunaan warna lampu dengan sistem smart lighting adalah untuk mencapai warna maksimal dan persis dengan cahaya matahari. Sehingga penerangan di luar ruangan saat siang hari bisa sama dengan dalam masjid. Sehingga Masjid dapat tetap terang dan nyaman, namun tidak panas seperti terik di luar ruangan. 

Video Editor: Faqih Fisabilillah 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x