Kompas TV lifestyle beauty and fashion

5 Bahan Aktif yang Dapat Hilangkan Flek Hitam

Kompas.tv - 9 Oktober 2024, 03:05 WIB
5-bahan-aktif-yang-dapat-hilangkan-flek-hitam
Cara menghilangkan flek hitam dengan pisang. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV- Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik hitam pada wajah. Meski tidak menimbulkan rasa sakit, masalah kulit ini dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. 

Flek hitam terjadi akibat hiperpigmentasi, yaitu kondisi ketika sel melanosit memproduksi melanin secara berlebihan. Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya flek hitam, seperti paparan sinar matahari, penuaan, perubahan hormonal, atau bekas jerawat.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek hitam, salah satunya menggunakan produk perawatan wajah atau skincare yang tepat.

Melansir laman Medical News Today, berikut beberapa bahan aktif yang dapat memudarkan dan menghilangkan flek hitam.

Baca Juga: 5 Manfaat Vitamin E, Bikin Kulit Awet Muda hingga Samarkan Flek Hitam

1. Niacinamide (Vitamin B3)

Niacinamide zat turunan dari vitamin B3 atau nicotinamide yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Bahan aktif ini terbukti ampuh untuk menghilangkan flek hitam. 

Dalam dunia dermatologi, niacinamide digunakan untuk mengendalikan  peradangan kulit akibat eksim dan acne rosacea. Niacinamide bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu peradangan di tubuh. 

Selain itu, niacinamide juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Manfaat ini diperoleh dari cara kerja niacinamide yang mampu memperlambat proses perpindahan butir-butir pigmen (zat pemberi warna) ke dalam sel kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah.

2. Retinol

Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Retinol merupakan hasil turunan vitamin A yang berfungsi untuk membantu mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru yang sehat. 




Sumber :




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x