Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Makanan dan Minuman yang Dapat Memperparah Stres

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 16:10 WIB
5-makanan-dan-minuman-yang-dapat-memperparah-stres
Ilustrasi stres dan burnout (Sumber: Tim Medio)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Stres adalah reaksi fisik dan emosional yang dialami seseorang ketika lingkungannya berubah, sehingga harus menyesuaikan diri dalam jangka waktu tertentu.

Stres pun dapat diartikan sebagai ketegangan mental atau kekhawatiran yang disebabkan oleh situasi sulit.

Pada individu, stres dapat memiliki efek negatif, sehingga memengaruhi kinerja otak. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan penurunan mood seseorang yang disebut depresi. 

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan meredakan stres. Salah satunya menghindari berbagai makanan yang dapat memperparah stres.

Beberapa makanan maupun minuman ternyata dapat memicu dan memperburuk stres. Melansir laman Live Strong, berikut makanan dan minuman yang memperparah stres:

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Tingkatkan Hormon Serotonin untuk Mengatasi Stres saat Berpuasa

1. Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol mungkin membuat Anda merasa rileks untuk sementara waktu. Namun, yang patut diketahui, alkohol bertindak sebagai depresan sistem saraf pusat.

Menurut National Library of Medicine, alkohol dapat memperlambat aktivitas otak. Kecanduan alkohol juga dapat menyebabkan gangguan tidur, sehingga memperparah stres.

2. Kafein

Makanan dan minuman yang dapat memperparah stres selanjutnya adalah kafein seperti kopi, cokelat hitam, dan beberapa jenis teh jika dikonsumsi berlebihan.

Kafein secara struktural mirip dengan adenosin, senyawa yang menumpuk di dalam tubuh sepanjang hari dan menyebabkan kantuk di malam hari.

Senyawa di dalam kafein memengaruhi tubuh dengan cara yang sama seperti peristiwa yang menakutkan atau membutuhkan adrenalin tinggi.

Kafein juga dapat melepaskan hormon stres kortisol yang meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x