Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Manfaat Konsumsi Bawang Merah Mentah untuk Kesehatan

Kompas.tv - 1 Juni 2024, 04:20 WIB
7-manfaat-konsumsi-bawang-merah-mentah-untuk-kesehatan
Masyarakat mengeluhkan kenaikan harga bawang merah yang bahkan melonjak hampir tiga kali lipat dari harga normal di beberapa daerah. (Sumber: Stockking on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bawang Merah (Allium ascalonicum) merupakan salah satu bumbu dapur populer di Indonesia. Tak hanya sekedar sebagai penyedap masakan, bawang merah juga kaya akan manfaat.

Melansir laman Healthline, 100 gram bawang merah kaya akan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, folat, dan zat besi. Selain itu, bawang merah juga mengandung salah satu allicin, yang terbentuk saat bawang merah dihancurkan atau dipotong sehingga melepaskan antioksidan.

Manfaat bawang merah akan terasa maksimal jika dikonsumsi mentah-mentah. Sebab, kandungan senyawa antioksidan di dalamnya masih utuh.

Baca Juga: Harga Bawang Merah Di Pasaran Masih Tinggi

Berikut ragam manfaat konsumsi bawang merah mentah untuk kesehatan. 

1. Sumber antioksidan

Bawang merah kaya akan senyawa dengan aktivitas antioksidan, seperti quercetin, kaempferol, dan allicin. Sebuah studi pada 2004 menganalisis aktivitas antioksidan dari 11 varietas bawang merah populer.

Peneliti menemukan bahwa bawang merah mengandung jumlah antioksidan tertinggi. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan oleh zat yang disebut radikal bebas. 

Terlalu banyak radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh. Hal ini memicu peradangan, serta kondisi kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Mencegah kanker

Antioksidan dalam bawang merah mencegah paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention pada 2012 menunjukkan bahwa ekstrak etil asetat (EEO) yang ditemukan dalam bawang merah memiliki efek penghambatan yang kuat pada sintase asam lemak hewani (FAS) yang membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Kemampuan untuk menginduksi apoptosis, atau penghancuran diri dan kematian sel-sel berbahaya, telah diteliti dengan baik pada sayuran allium. Hal ini sangat bermanfaat untuk melawan beberapa jenis kanker yang paling umum, termasuk kanker payudara, perut, dan usus besar.

3. Meredakan gejala alergi



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x