Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Punya Masalah Bau Badan? Ini 10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membantu Mengatasinya

Kompas.tv - 17 Februari 2024, 05:35 WIB
punya-masalah-bau-badan-ini-10-makanan-dan-minuman-yang-dapat-membantu-mengatasinya
10 makanan dan minuman yang dapat membantu menghilangkan bau badan. (Sumber: www.liverdoctor.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi sebagian orang, bau badan menjadi masalah serius. Bau badan yang tak sedap dapat menghilangkan rasa percaya diri. 

Bau badan disebabkan bakteri Staphylococcus hominis yang hidup di kulit. Bakteri ini dapat mengubah keringat menjadi asam, sehingga beberapa bagian tubuh dapat mengeluarkan bau kurang sedap.

Bau badan juga dapat disebabkan penyakit diabetes melitus, produksi keringat berlebih, gangguan metabolisme tubuh, termasuk konsumsi makanan tertentu.

Bahan-bahan makanan seperti cabai, bawang putih, bawang merah, dapat menimbulkan bau menyengat pada keringat. Pola makan kaya protein juga diyakini sebagai penyebab bau badan.

Dilansir laman Life Hack, berikut makanan dan minuman yang dapat membantu menghilangkan bau badan.

Baca Juga: Solusi Aman dan Efektif Mengatasi Bau Badan pada Anak

Makanan dan Minuman yang Dapat Menghilangkan Bau Badan

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung nutrisi tertentu yang dapat membantu Anda mengurangi bau badan tak sedap. Sayuran hijau cenderung mengandung klorofil tinggi.

Sementara klorofil dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk menetralkan senyawa penyebab bau badan tak sedap di dalam tubuh.

2. Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat, seperti kacang polong, lentil, dan biji-bijian, juga dapat membantu mengurangi bau badan tak sedap. Kandungan serat yang cukup dalam tubuh membantu proses pencernaan.

Dengan begitu, senyawa bau apa pun dari makanan dapat diproses lebih cepat dan lebih sedikit yang keluar melalui keringat.

3.  Buah sitrus

Asam yang terkandung dalam buah sitrus, seperti jeruk, lemon, dan grapefruit, dapat mendorong aliran air ke seluruh tubuh, yang meminimalkan racun penyebab bau badan.

Jika Anda kesulitan memasukkan buah ke dalam makanan, coba minumlah segelas sari jeruk segar di pagi hari untuk membantu menghilangkan bau badan tak sedap.

4. Teh hijau

Teh hijau dikenal akan sifat antioksidannya. Meminum teh jenis ini secara teratur dapat membantu melawan bau mulut, bau badan, dan bau kaki. Minum dua hingga tiga cangkir teh hijau dengan madu setiap hari. 

5. Fenugreek

Biji dan daun fenugreek memiliki kemampuan melawan bau. Fenugreek menghilangkan racun dari tubuh. Anda bisa meminum infused water dengan daun fenugreek. Bisa juga mengunyah beberapa biji fenugreek di pagi hari.

6. Tomat

Tomat mengandung sifat antibakteri dan antiseptik alami yang membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan. Selain itu, sebagai astringen alami, tomat membantu mengecilkan pori-pori dan menyumbat saluran yang mengeluarkan keringat. 

Kemampuan ini membuat tomat bisa membantu mengontrol keringat berlebih.

7. Kayu manis




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x