Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Pakistan Bantah Terlibat Serangan Konvoi Diplomat Asing Termasuk Indonesia

Kompas.tv - 23 September 2024, 13:59 WIB
taliban-pakistan-bantah-terlibat-serangan-konvoi-diplomat-asing-termasuk-indonesia
Warga berkumpul di dekat kendaraan polisi yang rusak yang mengawal konvoi diplomat asing, di lokasi ledakan bom yang fatal di jalan dekat Malam Jabba, kawasan wisata di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, Minggu, 22 September 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

ISLAMABAD, KOMPAS TV – Kelompok Taliban Pakistan (TTP) pada Senin (23/9/2024) membantah terlibat dalam serangan bom terhadap konvoi polisi yang mengawal para duta besar dan diplomat asing di wilayah barat laut Pakistan yang bergolak.

Otoritas masih menyelidiki siapa pelaku serangan yang menewaskan seorang petugas polisi tersebut.

Para duta besar, diplomat, dan pejabat tinggi tengah melakukan perjalanan hari Minggu menuju Lembah Swat, bekas markas besar Taliban Pakistan, saat serangan terjadi di Malam Jabba, salah satu dari dua resor ski di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa yang berbatasan dengan Afghanistan.

Ledakan terjadi dekat lokasi wisata dan stasiun bukit Malam Jabba, salah satu dari dua resor ski di Pakistan, sekitar 250 km di utara Peshawar.

Para diplomat dalam konvoi tersebut berasal dari Indonesia, Portugal, Kazakhstan, Bosnia dan Herzegovina, Zimbabwe, Rwanda, Turkmenistan, Vietnam, Iran, Rusia, dan Tajikistan. Semua diplomat selamat, dan pasukan keamanan besar telah dikerahkan di lokasi kejadian, kata petugas polisi Javed Khan.

Tidak ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini, namun Mohammad Khurasani, juru bicara Taliban Pakistan yang dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), membantah mereka meledakkan alat peledak improvisasi (IED) yang mengenai kendaraan polisi yang mengawal konvoi tersebut.

Serangan itu menyebabkan seorang petugas polisi tewas dan empat lainnya luka-luka, serta mendapat kecaman keras dari Presiden Pakistan Asif Ali Zardari, Perdana Menteri Shehbaz Sharif, dan pejabat lainnya.

Meskipun demikian, para duta besar dilaporkan tidak terluka. Namun, analis menyebut kejadian ini menunjukkan adanya kebocoran keamanan.

"Jelas ada pelanggaran keamanan karena rute konvoi hanya diketahui oleh polisi, dan unit penjinak bom dilaporkan telah membersihkan rute tersebut," kata Abdullah Khan, seorang analis pertahanan dan direktur Islamabad-based Pakistan Institute for Conflict and Security Studies.

Khan menambahkan serangan ini menandakan perubahan pendekatan para pemberontak, yang sebelumnya menargetkan pasukan keamanan. “Sepertinya ada orang dalam yang membocorkan informasi tentang rencana perjalanan para duta besar asing kepada militan,” ujarnya.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x