Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong Un Keliling Kunjungi Korban Banjir, Siap Pindahkan ke Pyongyang untuk Sementara

Kompas.tv - 10 Agustus 2024, 19:18 WIB
kim-jong-un-keliling-kunjungi-korban-banjir-siap-pindahkan-ke-pyongyang-untuk-sementara
Dalam foto yang diambil selama perjalanan dua hari pada 8 Agustus dan 9 Agustus 2024 dan disediakan oleh pemerintah Korea Utara, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah kanan) mengunjungi daerah yang dilanda banjir di Uiju, Provinsi Phyongan Utara, Korea Utara. (Sumber: KCNA / AP Photo )
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SEOUL, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, memerintahkan ribuan korban banjir di wilayah perbatasan dengan China untuk dipindahkan ke ibu kota, Pyongyang. 

Langkah ini diambil untuk memastikan mereka mendapatkan perawatan yang lebih baik, meski Korea Utara menolak bantuan dari luar negeri untuk pemulihan pasca-bencana.

Kim menyatakan proses pemulihan dan pembangunan kembali rumah-rumah yang hancur akibat banjir akan memakan waktu dua hingga tiga bulan. 

Selama periode itu, sekitar 15.400 orang yang terdiri dari ibu-ibu, anak-anak, lansia, dan tentara yang mengalami disabilitas akan ditampung di fasilitas-fasilitas di Pyongyang, demikian dilaporkan oleh Kantor Berita Resmi Korea Utara KCNA, Sabtu (10/8/2024).

Selama kunjungannya ke kota Uiju di barat laut Korea Utara, Kim bertemu dengan korban banjir dan memimpin langsung diskusi mengenai langkah-langkah pemulihan. 

Media pemerintah memberikan pujian yang tinggi terhadap Kim, menyebutnya sebagai "pemimpin yang penuh cinta dan dedikasi untuk rakyatnya".

Hujan lebat yang mengguyur wilayah ini pada akhir Juli lalu menyebabkan banjir besar yang merendam lebih dari 4.100 rumah, 7.410 hektar lahan pertanian, serta infrastruktur seperti jalan dan rel kereta di kota Sinuiju dan Uiju.

Meski belum ada laporan resmi mengenai jumlah korban jiwa, Kim menegur para pejabat yang dinilainya lalai dalam pencegahan bencana, yang menurutnya telah mengakibatkan "kerugian yang tidak bisa dibiarkan".

Baca Juga: Heboh Atlet Korea Utara dan Korea Selatan Selfie Bareng di Olimpiade 2024

Dalam foto yang diambil selama perjalanan dua hari pada 8 Agustus dan 9 Agustus 2024 dan disediakan oleh pemerintah Korea Utara, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyampaikan pidato saat mengunjungi daerah yang dilanda banjir di Uiju, Provinsi Phyongan Utara, Korea Utara. (Sumber: KCNA/AP Photo )




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x