Kompas TV internasional kompas dunia

IEU-CEPA Ditargetkan Selesai sebelum Presiden Jokowi Lengser

Kompas.tv - 24 Juli 2024, 20:25 WIB
ieu-cepa-ditargetkan-selesai-sebelum-presiden-jokowi-lengser
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan keterangan pers bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita usai Rapat Internal (Rapin) terkait IEU-CEPA dan Rapin Kebijakan Industri Tekstil di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/06/2024). (Sumber: Humas Setkab/Seno)
Penulis : Wella Andany | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU-CEPA) ditargetkan rampung sebelum periode pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir atau pada Oktober 2024.

Perundingan IEU CEPA telah dilakukan sejak Juli 2016 atau 8 tahun lalu, dan berlangsung alot.

Tim Diplomasi Uni Eropa (UE) di Asia Tenggara (European External Action Service/EEAS) menyatakan perkembangan perundingan IEU-CEPA akhir-akhir ini cukup signifikan dan kedua negara berkomitmen menyelesaikan perjanjian dagang, terlepas dari komposisi baru Parlemen Uni Eropa yang baru.

Untuk diketahui, 27 negara Uni Eropa melaksanakan Pemilihan Parlemen pada Juni lalu.

Baca Juga: Luhut: Uni Eropa Mulai Mengakui Indonesia Punya Hak Larang Ekspor Bijih Nikel

“Baik Presiden Jokowi maupun Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen menunjukkan komitmen kuat untuk menggenjot perjanjian ambisius ini," kata Kepala Divisi Asia Tenggara EEAS Leila Fernández-Stembridge secara tertulis kepada Kompas TV.

"Kami yakin bahwa pemerintahan Presiden Prabowo dan Komisi Eropa yang baru akan memberikan dedikasi yang sama dalam penerapannya, sehingga dapat membina hubungan UE-Indonesia yang lebih kuat,” imbuhnya. 

Meski Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara, namun nilai perdagangannya dengan Uni Eropa masih kalah dibandingkan Singapura, Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Dilansir Parlemen Eropa, nilai perdagangan Indonesia-UE tahun 2022 sebesar 32,6 miliar dolar AS atau di posisi kelima di Asia Tenggara.

Dengan berlakunya IEU-CEPA nantinya, Leila optimistis hubungan dagang kedua pihak akan membaik.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x