Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Peta Lengkap Kemampuan dan Kekuatan Militer Hizbullah Jelang Perang Melawan Pasukan Israel

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 07:46 WIB
ini-peta-lengkap-kemampuan-dan-kekuatan-militer-hizbullah-jelang-perang-melawan-pasukan-israel
Rudal pertahanan udara Rusia SA-22 Pantsyr yang dimiliki Hizbullah. Hizbullah adalah kelompok bersenjata paling berpengaruh di Timur Tengah, terkenal karena kemampuan militernya dan tujuan strategis yang luas. Inilah peta kekuatan militer dan kemampuan senjata Hizbullah bila perang terbuka melawan Israel saat ini. (Sumber: The New Arab)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BEIRUT, KOMPAS.TV - Perang terbuka antara Israel dan Hizbullah atau Hezbollah di Lebanon semakin dekat, dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyatakan kesiapan untuk menggerakkan pasukan tempur ke perbatasan selatan Lebanon dan mempersiapkan serangan besar-besaran terhadap Hizbullah.

Sementara itu, Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah, baru-baru ini memperingatkan Israel tentang peningkatan kemampuan dan persenjataan kelompoknya.

Rekaman drone pengawasan yang baru dirilis menampilkan gambaran pelabuhan Haifa dan area lainnya di utara Israel, menunjukkan kemampuan operasional Hizbullah yang meluas jauh ke dalam wilayah Israel dari perbatasan Lebanon.

Upaya diplomasi dari Amerika Serikat dan komunitas internasional hingga saat ini belum berhasil menemukan solusi yang tepat, sementara waktu untuk mencapai penyelesaian politik semakin terbatas. Potensi pecahnya perang akan menempatkan Israel dalam konfrontasi dengan musuh yang lebih kuat di Lebanon daripada yang dihadapi di Gaza melawan Hamas.

Hizbullah adalah salah satu kelompok bersenjata paling berpengaruh di Timur Tengah, terkenal karena kemampuan militernya yang kuat dan tujuan strategis yang luas.

Inilah peta kekuatan militer dan kemampuan senjata Hizbullah bila perang terbuka melawan Israel saat ini, seperti desain kekuatan, posisi pertahanan, persenjataan roket, rudal, dan sistem drone (UAS), kemampuan anti-tank, kemampuan pertahanan udara, dan keahliannya sebagai kekuatan tempur, seperti kajian yang diterbitkan lembaga pemikir Barat, The Washington Institute for Near East Policy dan CSIS.

Baca Juga: Perang Hizbullah-Israel Berpotensi Pecah, Sekjen PBB: Bisa Timbulkan Malapetaka

Pejuang Hizbullah pada pemakaman komandan senior Hizbullah Wissam Tawil, Selasa, 9 Januari 2024. Hizbullah adalah kelompok bersenjata paling berpengaruh di Timur Tengah, terkenal karena kemampuan militernya dan tujuan strategis yang luas. (Sumber: AP Photo)

Tujuan Hizbullah

Hizbullah memiliki beberapa tujuan yang bisa memicu konflik dengan Israel, meskipun organisasi ini memiliki banyak tujuan yang kadang saling bertentangan, yang bisa membuat konflik kurang mungkin terjadi atau setidaknya membuat Hizbullah berhati-hati.

Hizbullah melihat dirinya sebagai organisasi revolusioner yang memimpin perjuangan Muslim yang lebih luas melawan Israel. Menghancurkan Israel menjadi bagian dari ideologi intinya sejak didirikan, dan sebagian besar anggotanya sangat menentang keberadaan negara Yahudi tersebut.

Hizbullah berbagi tujuan ini dengan Iran, yang juga menolak Israel secara ideologis dan melihatnya sebagai ancaman bagi Republik Islam: selama beberapa dekade, Iran dan Israel terlibat dalam perang bayangan, dengan Israel melakukan pembunuhan terhadap Iran dan membangun aliansi dengan pesaing regional Republik Islam seperti Arab Saudi.

Iran mendukung kelompok-kelompok seperti Hamas dan Hizbullah melawan Israel, menggunakan terorisme, dan berusaha melemahkan Israel.

Hizbullah juga melihat dirinya sebagai pembela Lebanon, dan berbagai perselisihan wilayah serta serangan Israel menjadi sumber ketegangan yang konstan. Terakhir, seperti Hamas, Hizbullah berupaya membebaskan tahanan di penjara Israel.

Namun, Hizbullah memiliki alasan penting untuk berhati-hati. Yang paling penting, Hizbullah mencari popularitas yang lebih luas di Lebanon, dan memicu perang yang merusak dapat sangat merusak dukungan, terutama di luar konstituen inti Syiah-nya.

Iran juga mungkin ingin menjaga Hizbullah sebagai senjata cadangan jika Israel atau Amerika Serikat melancarkan serangan besar terhadap Iran sendiri.

Terakhir, Hizbullah menyadari kekuatan militer Israel dan tidak akan sembarangan memprovokasi konflik yang bisa membuat Hizbullah kalah total atau, setidaknya, menyebabkan kehancuran luas di Lebanon.

Baca Juga: Perang Lawan Israel di Depan Mata, Ini Hitungan Kekuatan Militer dan Politik Hizbullah Menurut Barat

Pejuang dari kelompok militan Lebanon Hizbullah melakukan latihan di desa Aaramta di Distrik Jezzine, Lebanon selatan, Minggu, 21 Mei 2023. (Sumber: AP Photo)

Desain Kekuatan Militer dan Kemampuan Senjata Hizbullah

Hizbullah memiliki sekitar 30.000 pejuang aktif dan hingga 20.000 cadangan. Kekuatan mereka terutama terdiri dari infanteri ringan, yang secara historis dilatih dan dibangun untuk mengutamakan penyamaran, mobilitas, dan otonomi.

Hizbullah sendiri mengklaim punya 100.000 pasukan tempur dan meminta berbagai pasukan proksi Iran di Timur Tengah menahan diri karena sudah kewalahan mengelola pasukan sebesar yang diklaim saat ini.

Hizbullah menerapkan versi apa yang disebut Amerika Serikat sebagai "komando misi," memberikan kewenangan kepada bawahan untuk membuat keputusan independen di medan perang berdasarkan niat komandan. Desain kekuatan ini memungkinkan Hizbullah untuk beroperasi secara efektif di bawah kondisi tembakan Israel yang luar biasa.

Misalnya, pada tahun 2006, unit roketnya dirancang untuk mendirikan lokasi peluncuran, menembak, dan menyebar dalam waktu kurang dari 28 detik, dengan mengandalkan peralatan yang telah diposisikan sebelumnya, tempat perlindungan bawah tanah, dan sepeda gunung untuk mengatasi jeda waktu yang sangat tipis.

Setelah perang 2006, Hizbullah terus membangun kekuatan pendekatan ini, mendesentralisasi komando dan pengendaliannya dan mengorganisasi ulang untuk memaksa IDF ke medan yang lebih urban di mana para pejuangnya bisa memanfaatkan posisi tersembunyi dan berbenteng.

Pengalaman Hizbullah dalam mendukung Bashar al-Assad di Suriah selama dekade terakhir telah memberinya akses ke kemampuan dan kompetensi yang digunakan oleh tentara konvensional.

Hizbullah sekarang dapat melakukan manuver terkoordinasi dari kekuatan yang lebih besar, menggunakan artileri penekan, dan melakukan logistik untuk mendukung kelompok kekuatan yang lebih besar.

Bertempur di Suriah juga memberi Hizbullah akses ke tank tempur utama (MBT) T-72, T-54/-55, dan T-62. Namun, kemampuannya untuk menggunakan armor di dalam Lebanon masih dipertanyakan.

MBT memerlukan formasi dukungan khusus dan rantai pasokan yang mungkin tidak ada di wilayah kendali Hizbullah di Lebanon sendiri, dan Israel akan secara agresif menargetkan MBT dengan pesawat tempur, drone, dan artileri.

Hizbullah juga bertempur melawan musuh yang berbeda di Suriah, yaitu ISIS, dengan pasukan tidak teratur yang sangat berbeda dari militer modern IDF.

Kemampuan Hizbullah untuk secara efektif menggunakan pengalaman yang diperolehnya sejak 2006 menghadapi kekuatan tembakan IDF, terutama kekuatan udara, juga tidak jelas, dan memang, kemungkinan besar pasukan besar dan berat akan segera dihancurkan jika dikerahkan.

Baca Juga: AS dan Israel Ketar-Ketir, Iron Dome Terancam Kewalahan bila Perang Terbuka dengan Hizbullah

Posisi militer Israel yang dihantam rudal Hizbullah Jumat, 20 Oktober 2023. Pada pertengahan Mei 2024, Hizbullah mulai menggunakan drone yang dilengkapi rudal untuk menyerang pos militer Israel serta drone peledak untuk mencapai sasaran terjauh sejak bentrokan tujuh bulan lalu. (Sumber: AP Photo)

Geografi dan Posisi Pertahanan

Geografi Lebanon selatan menawarkan beberapa keuntungan yang bisa dimanfaatkan pejuang Hizbullah dalam perang dengan Israel.

Wilayah ini, termasuk sebagian besar daerah tepat di seberang perbatasan Israel, sebagian besar terdiri dari perbukitan berbatu.

Pada tahun 2006 dan dalam bentrokan lain dengan Israel, kelompok kecil pejuang Hizbullah yang mobile menggunakan pohon, vegetasi, gua, ketidakteraturan permukaan, dan bangunan di sepanjang lereng bukit untuk menyembunyikan gerakan mereka dan menembakkan roket, UAS, dan ATGM ke posisi Israel di perbatasan.

Setiap kekuatan darat militer Israel yang besar yang mencoba bergerak di seluruh wilayah ini kemungkinan akan dibatasi pada jalan raya utama yang keras karena medan berbukit dan karenanya akan rentan terhadap gangguan dengan ATGM, alat peledak improvisasi (IED), dan penyergapan.

Hizbullah juga membangun jaringan terowongan dan bunker di perbukitan Lebanon selatan untuk menampung dan memindahkan peralatan serta personel secara relatif aman.

Hizbullah juga menggunakan infrastruktur ini untuk melancarkan penyergapan dan serangan roket. Di mana ia kekurangan benteng militer yang dibangun khusus, pejuang Hizbullah bisa memanfaatkan infrastruktur sipil yang ada di kota-kota, kota kecil, dan desa-desa di seluruh wilayah.

Selama perang 2006, infrastruktur sipil sangat penting bagi pejuang Hizbullah di Lebanon selatan. Mereka menggunakannya sebagai pengganti benteng militer formal untuk menyembunyikan pusat komando, menyulitkan penargetan Israel, menyembunyikan pejuang untuk penyergapan, dan memungkinkan pejuang untuk menyebar, bermanuver, dan bertahan secara mendalam.

Ribuan warga sipil melarikan diri dari Lebanon selatan saat serangan antara Hizbullah dan Israel semakin intensif setelah 7 Oktober 2023. Beberapa kota dan desa di sepanjang perbatasan selatan Lebanon hampir sepenuhnya kosong.

Dalam perang dengan Israel, Hizbullah bisa memanfaatkan infrastruktur sipil dan jaringan terowongan serta bunker untuk menyerang pasukan darat Israel dan dengan cepat mundur. Menyadari benteng dan taktik Hizbullah, serangan Israel kemungkinan akan menekankan pembersihan dan penghancuran jaringan terowongan Hizbullah di Lebanon selatan.

Beberapa sungai mengalir melalui Lebanon selatan, termasuk Sungai Litani, yang mengalir ke selatan dari Pegunungan Lebanon sebelum berbelok ke barat dan bermuara di Mediterania.

Pengendalian sungai-sungai ini dan fitur-fiturnya merupakan tujuan strategis penting, termasuk mengendalikan pergerakan pasukan, peralatan, dan pasokan. Sungai-sungai ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan alami yang bisa dimanfaatkan untuk keuntungan taktis dalam pertempuran oleh pasukan yang bertahan.

Baca Juga: Situasi Memanas, Ribuan Pejuang Proksi Iran Siap Gabung dengan Hizbullah untuk Perang Melawan Israel

Pagar pos militer Israel di bukit Kfar Chouba, tenggara Lebanon, terlihat rusak setelah serangan roket Hizbullah, Minggu, 8 Oktober 2023. Hizbullah memperkenalkan taktik dan senjata baru melawan Israel, termasuk drone bersenjata rudal dan drone peledak, saat perang di Gaza berlarut-larut. (Sumber: AP Photo)

Roket, Rudal Berpemandu, dan Sistem Pesawat Tanpa Awak

Roket dan rudal Hizbullah menimbulkan dua ancaman berbeda bagi Israel. Yang pertama adalah efek koersif: serangan roket, misil, dan UAS yang terus-menerus bisa membunuh atau melukai warga Israel, baik sipil maupun militer, atau menghancurkan infrastruktur politik atau ekonomi penting di Israel.

Inilah cara roket dan rudal Hizbullah terutama digunakan pada tahun 2006 dan bagaimana mereka biasanya dibahas dalam konteks perang dengan Israel. Ancaman kedua berasal dari efek taktis dan operasional sistem ini: menekan atau merusak pasukan IDF untuk membatasi efektivitas operasi Israel.

Hizbullah mendapatkan pengalaman melakukan operasi gabungan di Suriah, dan kelompok ini mungkin mencoba menggunakan roket dan misil sebagai bagian dari operasi darat melawan pasukan Israel.

Hizbullah mungkin adalah kelompok non-negara bersenjata paling berat di dunia, dan stok roket, rudal, dan UAS atau pesawat tanpa awak adalah bagian besar dari persenjataannya.

Perkiraan berapa banyak roket dan misil yang dimiliki Hizbullah bervariasi dari 120.000 hingga 200.000. Karena hubungan erat Hizbullah dengan Iran, kemungkinan besar Teheran akan memasok kembali Hizbullah dengan cepat jika menggunakan persenjataan ini dalam konflik dengan Israel.

Pemasokan ulang ini lebih mudah daripada sebelumnya, karena kehadiran Iran di Suriah berkembang pesat setelah Teheran datang untuk menyelamatkan rezim Suriah ketika perang saudara pecah setelah 2011, menciptakan jembatan darat yang memungkinkan senjata masuk dari Irak ke Suriah ke Hizbullah di Lebanon.

Ini sangat kontras dengan Hamas, di mana senjata dan orang-orang harus diselundupkan melalui terowongan dari Gaza. Sebagian besar persenjataan Hizbullah terdiri dari proyektil tidak berpemandu jarak pendek.

Hizbullah memiliki kapasitas rudal jarak jauh yang signifikan sejak tahun 2006, yang berarti sebagian besar Israel akan merasakan ancaman serangan Hizbullah jika konflik memburuk.



Sumber : The Washington Institute for Near East Policy / CSIS / Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x