Kompas TV internasional kompas dunia

Korsel Pertimbangkan Pasok Senjata ke Ukraina, Putin: Kami Juga Berhak Persenjatai Pyongyang

Kompas.tv - 22 Juni 2024, 02:05 WIB
korsel-pertimbangkan-pasok-senjata-ke-ukraina-putin-kami-juga-berhak-persenjatai-pyongyang
Presiden Rusia Vladimir Putin. Pada Kamis (20/6/2024), Putin memperingatkan Korea Selatan bahwa negara itu akan membuat ‘kesalahan besar’ jika mempersenjatai Ukraina dalam perang melawan Rusia. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Tito Dirhantoro

HANOI, KOMPAS.TV – Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Korea Selatan bahwa negara itu akan membuat ‘kesalahan besar’ jika mempersenjatai Ukraina dalam perang melawan Rusia.

Ancaman Putin itu terlontar setelah Seoul menyebut tengah mempertimbangkan kemungkinan mempersenjatai Kiev, sebagai respons atas pakta baru antara Rusia dan Korea Utara untuk saling membantu jika salah satunya terancam agresi.

“Moskow akan (mengambil) keputusan-keputusan yang tampaknya tak akan menyenangkan bagi kepemimpinan Korea Selatan sekarang jika Seoul memutuskan memasok senjata ke Kiev,” ujar Putin pada para wartawan di Vietnam, Kamis (20/6/2024), seperti dilansir BBC, Jumat (21/6).

Baca Juga: Kerja Sama Pertahanan Putin dan Kim Jong-Un Buat Korsel Tegang, Seoul Siap Kirim Senjata ke Ukraina

Ancaman itu dilontarkan Putin usai kunjungannya ke Pyongyang, Korea Utara. Di negara tertutup itu, Putin menandatangani perjanjian pertahanan bersama dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Putin juga memperingatkan, bahwa Moskow bersedia mempersenjatai Pyongyang jika Amerika Serikat (AS) dan sekutunya tetap menyuplai senjata ke Ukraina. 

“Mereka yang memasok senjata-senjata ini meyakini bahwa mereka tak berperang dengan kami. Saya katakan, termasuk di Pyongyang, bahwa kami berhak memasok senjata ke wilayah lain di dunia,” kata Putin.

Sebelumnya, Seoul mengecam perjanjian Rusia dengan Korea Utara, dan menyebutnya sebagai ancaman bagi keamanan nasionalnya.

Penasihat Keamanan Nasional Korsel Chang Ho-jin menyebut Seoul berencana mempertimbangkan dukungan senjata bagi Ukraina.

Baca Juga: Bertemu Putin di Pyongyang, Kim Jong-un Nyatakan Dukungan Penuh untuk Perang Rusia di Ukraina

Menyusul pernyataan Putin, kantor kepresidenan Korsel menyatakan akan mempertimbangkan opsi-opsi dalam memasok persenjataan ke Ukraina, Jumat (21/6). Korsel juga menyebut pendiriannya akan bergantung pada bagaimana Rusia merespons masalah ini.

Seoul juga memanggil Duta Besar Rusia Georgy Zinoviev untuk memprotes pakta itu, dan meminta Moskow segera menghentikan kerja sama militer dengan Pyongyang.

Meski Korea Selatan telah memberikan bantuan kemanusiaan dan peralatan militer ke Ukraina, sejauh ini Seoul telah menolak untuk menyediakan senjata mematikan. Korea Selatan punya kebijakan resmi untuk tak mempersenjatai negara yang tengah berperang.


 



Sumber : BBC/Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x