Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Pertimbangkan Keluar dari PBB, Ancam Usir Pejabat Senior

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 17:16 WIB
israel-pertimbangkan-keluar-dari-pbb-ancam-usir-pejabat-senior
Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan berbicara dalam rapat Dewan Keamanan PBB di markas PBB, New York, 20 Februari 2024. (Sumber: AP Photo/Seth Wenig)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Utusan Tetap Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Gilad Erdan menyatakan pihaknya akan mempertimbangkan untuk keluar dari PBB.

Erdan juga mengancam pihaknya sedang mempertimbangkan mengusir pejabat-pejabat senior PBB dari Israel.

"Dalam waktu beberapa hari, Israel akan mempelajari kemungkinan mengusir pejabat-pejabat senior Perserikatan Bangsa-Bangsa dari wilayah kami," kata Erdan dalam siaran radio publik Israel, seperti dilansir Al Jazeera, Kamis (13/6/2024).

"Waktunya tiba bagi Israel untuk mempertimbangkan secara serius keuntungan dan kerugian keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa."

Baca Juga: Komisi Penyelidikan PBB: Kejahatan Kemanusiaan Israel di Gaza, dari Penyiksaan hingga Pemusnahan

Sejak menyerang Jalur Gaza pada 7 Oktober 2023 lalu, otoritas Israel vokal mengkritik pernyataan dan tindakan PBB yang menyesalkan banyaknya korban sipil Palestina. 

Pekan lalu, PBB pun memasukkan Israel ke dalam daftar hitam pelaku kejahatan terhadap anak-anak.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza melaporkan, serangan Israel selama delapan bulan terkini telah membunuh lebih dari 15.000 anak-anak di Jalur Gaza.

Dewan Keamanan PBB juga mulai bergerak mendukung gencatan senjata segera di Jalur Gaza.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan jajarannya berulang kali menegaskan tidak mau berunding dengan Hamas dan bertekad melanjutkan perang.



Sumber : Al Jazeera



BERITA LAINNYA



Close Ads x