Kompas TV internasional kompas dunia

Terungkap, Intelijen Israel Ternyata Dapat Bocoran Rencana Serangan Hamas tapi Tak Mengacuhkannya

Kompas.tv - 24 November 2023, 11:23 WIB
terungkap-intelijen-israel-ternyata-dapat-bocoran-rencana-serangan-hamas-tapi-tak-mengacuhkannya
Sejumlah tentara Israel terlihat di Jalur Gaza, wilayah Palestina yang diduduki Israel sejak 1967 dan diblokade sejak 2007, Rabu, 8 November 2023. (Sumber: AP Photo/Ohad Zwigenberg)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Pemimpin intelijen Israel ternyata sudah mendapatkan bocoran informasi soal bakal adanya serangan dari kelompok perlawanan Palestina, Hamas, pada 7 Oktober.

Namun, ternyata laporan tersebut tak diacuhkan oleh pemimpin intelijen tersebut sehingga Hamas bisa melakukan penyerangan ke wilayah Israel.

Seperti dilaporkan The Jerusalem Post, Kamis (23/11/2023), seorang petugas junior intelijen Israel dari unit elite intelijen 8200, telah memperingatkan rencana serangan massal Hamas.

Petugas junior itu mengeklaim telah memperingatkan selama 12 bulan mengenai skenario yang melibatkan serangan massal Hamas.

Baca Juga: Gencatan Senjata di Gaza Dimulai Jumat Pagi, Bantuan Segera Diberikan untuk Palestina

Ia kemudian memberi tahu komandannya tentang adanya rencana tersebut. Namun, laporannya malah tak diacuhkan oleh pimpinannya.

“Anda hanya membayangkannya,” ujar petugas itu menirukan ucapan pimpinannya.

Pada pekan lalu, saluran TV Israel, Channel 12, dalam program Weekend News mempublikasikan kesaksian baru dari petugas pengamatan yang bertugas di dekat perbatasan Israel-Gaza.

Para petugas yang kebanyakan perempuan itu menceritakan bagaimana mereka selama berbulan-bulan telah berulang kali memperingatkan tentang perubahan yang mereka lihat di lapangan.

Mereka mengatakan perubahan yang mereka lihat memerlukan perhatian khusus, dan telah memberikan peringatan.

Para petugas pengamat tersebut mengungkapkan, mereka telah menginformasikan kepada pimpinannya tentang adanya sesi latihan, anomali, dan persiapan di dekat perbatasan.



Sumber : The Jerusalem Post



BERITA LAINNYA



Close Ads x