Kompas TV internasional kompas dunia

Aktor Pemeran Dumbledore di Film "Harry Potter", Michael Gambon, Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Kompas.tv - 28 September 2023, 20:05 WIB
aktor-pemeran-dumbledore-di-film-harry-potter-michael-gambon-meninggal-dunia-di-usia-82-tahun
Aktor veteran Michael Gambon, pemeran kepala sekolah Hogwarts, Albus Dumbledore dalam film Harry Potter, meninggal dunia di usia 82 tahun, kata juru bicaranya pada hari Kamis, (28/9/2023). Michael Gambon meninggal setelah terkena pneumonia. (Sumber: Warner Bros / NBC News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV - Aktor veteran Michael Gambon, pemeran kepala sekolah Hogwarts, Albus Dumbledore dalam film "Harry Potter", meninggal dunia di usia 82 tahun, kata juru bicaranya pada hari Kamis, (28/9/2023).

Pernyataan dari keluarganya, seperti disampaikan juru bicaranya, mengatakan Michael Gambon meninggal setelah "terkena pneumonia," seperti dilaporkan oleh Associated Press, Kamis (28/9/2023).

"Kami hancur atas kehilangan Sir Michael Gambon. Suami dan ayah yang tercinta, Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit dengan istrinya Anne dan anaknya Fergus di sisinya," kata keluarganya.

Tak peduli peran apa yang diambilnya dalam karirnya yang berlangsung lebih dari lima dekade, Gambon selalu dengan segera dikenali melalui suara berat dan seraknya. Ia dipilih sebagai Dumbledore yang sangat dicintai setelah kematian pendahulunya, Richard Harris, tahun 2002.

Ia pernah mengakui tidak pernah membaca buku terlaris J.K. Rowling, dengan alasan lebih aman untuk mengikuti naskah daripada terlalu terpengaruh oleh buku-buku tersebut.

Namun, hal itu tidak menghalangi dia dari menyemarakkan semangat Profesor Dumbledore, penyihir kuat yang berjuang melawan kejahatan untuk melindungi para muridnya.

Meskipun peran dalam seri Harry Potter meningkatkan profil internasional Gambon dan memperkenalkannya kepada generasi baru penggemar, dia lama diakui sebagai salah satu aktor utama Inggris.

Baca Juga: 6 Bintang Film Harry Potter Sudah Tutup Usia, Terbaru Robbie Coltrane

Aktor veteran Michael Gambon, pemeran kepala sekolah Hogwarts, Albus Dumbledore dalam film Harry Potter, meninggal dunia di usia 82 tahun, kata juru bicaranya pada hari Kamis, (28/9/2023). Michael Gambon meninggal setelah terkena pneumonia. (Sumber: AP Photo)

Karya-karyanya meliputi televisi, teater, dan radio, dan dia membintangi puluhan film mulai dari "Gosford Park" hingga "The King's Speech" dan film animasi keluarga "Paddington."

Gambon dianugerahi gelar ksatria atau knight kerajaan Inggris untuk jasanya dalam dunia drama pada tahun 1998.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x