Kompas TV internasional kompas dunia

Negaranya Dilanda Perang, Miss Ukraina Tampil dengan Kostum Pejuang Cahaya, Ini Pesannya

Kompas.tv - 14 Januari 2023, 22:30 WIB
negaranya-dilanda-perang-miss-ukraina-tampil-dengan-kostum-pejuang-cahaya-ini-pesannya
Miss Ukraina Viktoriia Apanasenko saat melenggang di catwalk Miss Universe ke-71 di New Orleans, Amerika Serikat (AS). (Sumber: Instagram Miss Ukraina)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

NEW ORLEANS, KOMPAS.TV - Viktoriia Apanasenko, perempuan yang mewakili Ukraina dalam ajang Miss Universe tahun ini tampil dengan kostum mencolok. Dalam pawai kostum Miss Universe yang diadakan di New Orleans, Amerika Serikat (AS), Apanasenko memakai kostum megah bertajuk "Pejuang Cahaya."

Saat melenggang di catwalk, Apanasenko tampil mengenakan bodysuit biru berpayet mosaik emas -- sesuai warna bendera Ukraina -- lengkap dengan sayap dan hiasan kepala sambil membawa sebilah pedang.

Kostum itu, dibuat ketika Ukraina diinvasi Rusia, disebut terinspirasi dari Malaikat Mikael, pamong para prajurit sekaligus pelindung Kiev, ibu kota Ukraina.

"Mikael melawan kejahatan dan dia menang," kata Apanasenko kepada Insider, Sabtu (14/1/2023).

Kostum perang Miss Ukraina Viktoriia Apanasenko. (Sumber: Viktoriia Apanasenko via Insider)

Baca Juga: Inggris Janjikan Ukraina Tank dan Sistem Artileri, Zelenskyy: Ini Sinyal Tepat bagi Mitra yang Lain

Dengan kostum mencolok itu, Apanasenko hendak meminta perhatian dunia untuk perang Ukraina ketika mewakili negaranya di kontes kecantikan.

"Saya ingin menerjemahkan kepribadian saya dalam kostum ini. Saya ingin menerjemahkan kekuatan besar dalam diri manusia," kata Apanasenko.

Tim desain Ukraina disebut membutuhkan waktu empat bulan untuk menyelesaikan kostum itu. Desainer mesti bekerja di tengah seringnya mati listrik dan sirene serangan udara.

"Kostum ini tidak hanya tentang rakyat Ukraina, ini tentang semua orang yang berjuang untuk hak mereka, yang berjuang demi nilai-nilai mereka, yang berjuang demi hidup mereka. Dan kostum ini adalah bentuk dukungan kepada mereka," kata Apanasenko.

Sebelum berpartisipasi dalam Miss Universe ke-71, Apanasenko menjadi relawan Angkatan Bersenjata Ukraina. Ia bertugas menyiapkan makanan untuk tentara dan warga korban perang.

Ketika diminta mewakili Ukraina di Miss Universe, Apanasenko mengaku tengah mengepel lantai restoran tempatnya bekerja.

"Saya terkejut karena saya merasa ngeri waktu itu. Namun, saya mengerti bahwa penting untuk menjadi suara negara Anda saat ini," kata Apansenko.

Baca Juga: Dilarang Masuk Thailand, Mantan Miss Myanmar yang Diancam Dibunuh Junta Militer Cari Suaka ke Kanada


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x