Kompas TV internasional kompas dunia

Uni Emirat Arab Umumkan akan Mengajarkan Holocaust di Sekolah Dasar dan Menengah

Kompas.tv - 9 Januari 2023, 19:07 WIB
uni-emirat-arab-umumkan-akan-mengajarkan-holocaust-di-sekolah-dasar-dan-menengah
Uni Emirat Arab akan mulai mengajarkan tentang Holocaust di kelas sejarah di sekolah dasar dan menengah di seluruh negeri, kata kedutaan besar Uni Emirat Arab di Amerika Serikat (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

DUBAI, KOMPAS.TV — Uni Emirat Arab akan mulai mengajarkan tentang Holocaust di kelas sejarah di sekolah dasar dan menengah di seluruh negeri, kata kedutaan besar Uni Emirat Arab di Amerika Serikat seperti dilansir Associated Press, Senin (9/1/2023). .

Kedutaan UAE di AS itu tidak memberikan perincian tentang kurikulum terkait hal tersebut dan otoritas pendidikan mana yang akan menerapkannya di UAE, sebuah federasi tujuh keemiran.

Namun, pengumuman itu muncul setelah UEA menormalisasi hubungan dengan Israel tahun 2020 sebagai bagian dari kesepakatan yang ditengahi oleh pemerintahan Presiden Donald Trump.

“Setelah Abraham Accords yang bersejarah, (UEA) sekarang akan memasukkan Holocaust dalam kurikulum untuk sekolah dasar dan menengah,” kata kedutaan dalam tweet, mengacu pada kesepakatan normalisasi yang juga melihat Bahrain dan akhirnya Maroko juga mengakui Israel.

Duta Besar Deborah E. Lipstadt, utusan khusus AS untuk memantau dan memerangi antisemitisme, memuji pengumuman tersebut dalam cuitannya sendiri.

“Pendidikan Holocaust sangat penting bagi umat manusia dan banyak negara, terlalu lama, terus meremehkan Shoah karena alasan politik,” tulis Lipstadt, menggunakan kata Ibrani untuk Holocaust. “Saya memuji UEA untuk langkah ini dan mengharapkan yang lain segera mengikutinya.”

Baca Juga: Israel Murka gara-gara Presiden Iran Sebut Butuh Lebih Banyak Riset Buktikan Holocaust Benar Terjadi

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock di Hall of Names di Yad Vashem Holocaust Memorial di Yerusalem, Kamis, 10 Februari 2022. Uni Emirat Arab akan mulai mengajarkan tentang Holocaust di kelas sejarah di sekolah dasar dan menengah di seluruh negeri, kata kedutaan besar Uni Emirat Arab di Amerika Serikat. (Sumber: AP Photo/Tsafrir Abayov)

Pengumuman tersebut muncul menjelang pertemuan yang direncanakan dari Kelompok Kerja Forum Negev di Abu Dhabi minggu ini, yang berkembang dari upaya normalisasi. Pertemuan tersebut akan dihadiri oleh pejabat dari Bahrain, Mesir, Israel, Maroko, UEA, dan AS. Mesir secara diplomatis telah mengakui Israel selama beberapa dekade.

Holocaust kaum Yahudi adalah perbuatan Nazi Jerman yang secara sistematis membunuh 6 juta orang Yahudi Eropa selama Perang Dunia II. Israel, didirikan pada tahun 1948 sebagai surga bagi orang Yahudi setelah Holocaust, memberikan kewarganegaraan otomatis kepada siapa pun keturunan Yahudi.

Negara-negara Arab lainnya menolak untuk secara diplomatis mengakui Israel atas pendudukan selama puluhan tahun atas tanah yang diinginkan Palestina untuk negara masa depan.

Pengumuman oleh UEA juga datang setelah UEA dan negara-negara Arab lainnya mengutuk seorang menteri ultranasionalis Kabinet Israel karena mengunjungi situs suci Yerusalem untuk pertama kalinya sejak pemerintahan sayap kanan baru Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menjabat.

Situs itu, yang dikenal orang Yahudi sebagai Temple Mount dan bagi Muslim sebagai Masjid al-Aqsa, adalah situs tersuci dalam Yudaisme, rumah bagi Kuil alkitabiah kuno. Saat ini, terdapat Masjid Al Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam.

Sejak Israel merebut situs tersebut pada tahun 1967, orang Yahudi diizinkan untuk berkunjung tetapi tidak berdoa di sana.

Baca Juga: Jerman Kecam Keras Pernyataan PM Palestina tentang Holocaust saat Konferensi Pers bersama PM Jerman

Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan menyambut perdana menteri Israel di Abu Dhabi. Keduanya dilaporkan membahas upaya memajukan arsitektur regional dan urusan regional lain yang dirahasiakan (Sumber: Israeli Government Press Office via AP)

Menurut Ensiklopedia Brittanica, Holocaust orang Yahudi di Eropa adalah pembunuhan sistematis yang disponsori negara terhadap enam juta laki-laki, perempuan, dan anak-anak Yahudi dan jutaan lainnya yang bukan Yahudi oleh Nazi Jerman dan kolaboratornya selama Perang Dunia II.

Orang Jerman menyebut ini "solusi terakhir untuk pertanyaan soal kaum Yahudi".

Orang Yahudi berbahasa Yiddish dan orang-orang yang selamat pada tahun-tahun setelah pembebasan mereka menyebut pembunuhan massal kaum Yahudi itu sebagai urban, kata yang digunakan untuk menggambarkan penghancuran Kuil Pertama di Yerusalem oleh orang Babilonia tahun 586 SM dan penghancuran Kuil Kedua oleh Romawi pada tahun 70 M.

Sho ah ("Bencana") adalah istilah yang disukai oleh orang Israel dan Prancis, terutama setelah film dokumenter film Claude Lanzmann tahun 1985 dengan judul itu.

Itu juga disukai oleh orang-orang yang berbicara bahasa Ibrani dan oleh mereka yang ingin lebih khusus tentang pengalaman Yahudi atau yang tidak nyaman dengan konotasi religius dari kata Holocaust.




Sumber : Kompas TV/Associated Press




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x