Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ukraina Bantah Kabar Kematian Ghost of Kiev, Akui Sosok Hantu Udara Itu Sebatas Legenda

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 21:41 WIB
ukraina-bantah-kabar-kematian-ghost-of-kiev-akui-sosok-hantu-udara-itu-sebatas-legenda
Ilustrasi. Foto unit jet tempur Sukhoi Su-25 milik Ukraina yang diambil pada 2013. Ukraina mengakui bahwa sosok Ghost of Kiev adalah propaganda. (Sumber: Skywarrior via Wikimedia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

KIEV, KOMPAS.TV - Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengklarifikasi kabar kematian sosok Ghost of Kiev yang belakangan ini diklaim sebagai Mayor Stepan Tarabalka, pilot yang meninggal dalam pertempuran di langit Kharkiv pada 13 Maret lalu.

Ukraina menyebut Tarabalka bukanlah sosok legendaris Ghost of Kiev.

Lebih lanjut, Ukraina mengakui bahwa sosok Ghost of Kiev sebetulnya tidak ada. Sosok yang diklaim mampu menjatuhkan 40 pesawat Rusia itu sebatas propaganda dari “imej kolektif” brigade Angkatan Udara Ukraina yang melindungi ibu kota Kiev saat awal invasi Rusia.

Hal tersebut disampaikan melalui laman Facebook resmi Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina pada Minggu (1/5/2022) dini hari waktu Indonesia.

Baca Juga: Pilot Legendaris 'Ghost of Kiev' yang Jatuhkan 40 Pesawat Rusia Dilaporkan Tewas Bulan Lalu

“Kami meminta komunitas Ukraina tidak mengabaikan aturan dasar kejernihan informasi, tidak asal memvalidasi isu yang dikehendaki, mengecek sumber informasi sebelum menyebarkannya,” tulis pernyataan Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

“Pahlawan Ukraina, Stepan Tarabalka bukanlah ‘Ghost of Kiev’ dan dia tidak menjatuhkan 40 pesawat (Rusia).”

“’Ghost of Kiev’ adalah legenda pahlawan super yang karakternya dibuat oleh bangsa Ukraina! Ini (Ghost of Kiev) adalah imej kolektif para pilot brigade aviasi taktis ke-40 Angkatan Udara yang melindungi langit ibu kota, yang mana tiba-tiba muncul secara tak terduga!” lanjut organ sentral militer Ukraina tersebut.

Cerita Ghost of Kiev yang secara heroik diklaim menjatuhkan puluhan pesawat Rusia, sempat viral dan menjadi propaganda, terutama ketika awal invasi.

Baca Juga: Momen Angelina Jolie Bermain dengan Anak-anak Pengungsi Saat Kunjungi Ukraina



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x