Kompas TV internasional kompas dunia

Lolos Ambang Batas Electoral Collage, Kemenangan Joe Biden dari Donald Trump Semakin Nyata

Kompas.tv - 8 November 2020, 05:50 WIB
lolos-ambang-batas-electoral-collage-kemenangan-joe-biden-dari-donald-trump-semakin-nyata
Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden menjadi Presiden AS terpilih ke-46. (Sumber: AP Photo / Paul Sancya)
Penulis : Johannes Mangihot

KOMPAS.TV – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Joe Biden berhasil melewati ambang batas 270 electoral collage dalam Pilpres AS 2020.

Melansir AP News, Sabtu (7/11/2020) Joe Biden Presiden AS akan menjadi Presiden AS ke-46. Kemenangan Biden ini setelah memenangkan pemilihan di Pennsylvania yang memiliki 20 electoral collage.

AP News mencatat perolehan Joe Biden mendapat 284 electoral collage, sementara Donald Trump 214. Selisih kemenangan pasti Biden dari Trump dapat bertambah karena surat suara masih terus dihitung.

Baca Juga: Kian Dekat Jadi Presiden AS, Joe Biden Meminta Rakyat untuk Bersatu

Kemenangan Biden di Pilpres 2020 akan membuat sejarah baru bagi AS. Negara Paman Sam bakal memiliki Wakil Presiden AS perempuan pertama, yakni Kemala Devi Harris. Pasangan Joe Biden melawan Donald Trump dan Mike Pence.

Senator California itu akan menjadi perempuan dengan jabatan tertinggi yang pernah bertugas di pemerintahan, empat tahun setelah Trump mengalahkan Hillary Clinton.

Sejarah juga mencatat Trump menjadi presiden petahana pertama yang kalah dalam pemilihan kembali sejak Partai Republik George Herbert Walker Bush atau Bush senior pada tahun 1992.

Dengan penghitungan yang terus berlanjut di beberapa negara bagian, Biden telah menerima lebih dari 74 juta suara, melampaui calon presiden AS sebelumnya.

Baca Juga: Unggul di Pennsylvania, Joe Biden Menangkan Pilpres AS!

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x