Kompas TV entertainment selebriti

Masih Muda Sudah Tumbuh Banyak Uban? Ini Cara Mencegahnya

Kompas.tv - 24 September 2024, 18:00 WIB
masih-muda-sudah-tumbuh-banyak-uban-ini-cara-mencegahnya
Ilustrasi rambut beruban (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rambut putih atau uban adalah sesuatu yang tidak bisa dicegah seiring bertambah tuanya usia. Namun, jika uban tiba-tiba tumbuh dini, maka ada beberapa hal yang mendasarinya.

Ini bisa meliputi gaya hidup, pola makan, dan stres. Namun jangan khawatir kalau kamu belum siap beruban, para peneliti telah menemukan cara mencegah rambut putih tumbuh dini dengan gaya hidup yang sehat.

Meskipun faktor genetik dari proses beruban rambut berada di luar kendali, beberapa perubahan gaya hidup sederhana dapat membantu kamu mempertahankan warna rambut lebih lama.

Melansir Eating Well, berikut cara mencegah uban tumbuh lebih dini,

Baca Juga: Hindari Alzheimer, Ini Pola Makan yang Baik untuk Kesehatan Otak

Cara cegah tumbuh uban lebih dini

1. Redakan stres

Menurut pendiri perusahaan berita nutrisi Appetite for Health di San Francisco Julie Upton, M.S., RD, depigmentasi atau beruban pada rambut dipicu oleh stres, dan kemungkinan besar peradangan akibat stres.

Sebuah studi pada tahun 2020 di International Journal of Trichology menemukan bahwa stres oksidatif berkaitan dengan uban, yaitu ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu kerusakan sel dan jaringan serta mempercepat penuaan.

Seiring waktu, stres kronis dapat menyebabkan peradangan yang dapat mematikan sel pembuat melanin sekaligus memperpendek siklus pertumbuhan rambut, menurut sebuah studi Annals of Dermatology tahun 2018.

Mempraktikkan cara-cara yang didukung oleh sains untuk menghilangkan stres seperti yoga atau sering keluar rumah, sehingga kemungkinan tumbuh uban dini berkurang.

2. Perbaiki diet

Menurut Upton, apa yang kita makan dapat bersifat pro-inflamasi atau anti-inflamasi. Mengonsumsi makanan yang mengurangi peradangan dapat melindungi sel yang bertanggung jawab atas pigmen rambut.

Pola makan yang kaya akan gula berlebih, makanan olahan, dan lemak jenuh dikenal sebagai pro-inflamasi.

“Pola makan nabati yang rendah gula tambahan dan rendah protein hewani berlemak tinggi dianggap sebagai anti-inflamasi,” tambah Upton.




Sumber : Eating Well




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x