Kompas TV entertainment lifestyle

Banyak Diadopsi oleh Kedai Kopi Kekinian, Sebenarnya Seperti Apa Desain Arsitektur Industrial Itu?

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 20:17 WIB
banyak-diadopsi-oleh-kedai-kopi-kekinian-sebenarnya-seperti-apa-desain-arsitektur-industrial-itu
Ilustrasi kedai kopi dengan desain rustic atau yang lebih dikenal dengan desain industrial. (Sumber: liquidesign.co.uk via Dekoruma)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kehadiran kedai kopi kekinian, dalam kurun waktu singkat, telah menjamur di berbagai daerah di Indonesia, dengan banyak di antaranya yang menerapkan desain arsitektur bergaya industrial.

Sebagai desain yang begitu erat dengan kesan maskulin nan apa adanya, gaya industrial lantas dirasa cocok oleh banyak orang untuk sebuah kedai kopi yang merupakan tempat hang out dan bersantai.

Meski, tidak semua kedai kopi dengan tampilan 'apa adanya' kemudian mendapat pandangan yang serupa dari orang-orang.

Seperti gambaran kedai kopi bergaya industrial yang terlampir dalam cuitan akun Twitter @dikyrenaldi15, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga: Jenuh Kelamaan WFH? Coba Utak-Atik Hunianmu dengan Gaya ala Rustic!

Alih-alih menyebut desain kebanyakan kedai kopi saat ini bergaya industrial, dalam posting-annya, akun tersebut justru menyebutnya dengan konsep desain 'proyek mangkrak'.

Pemilik akun juga berkelakar, ketika mendatangi kedai kopi dengan desain arsitektur seperti itu untuk tidak lupa menggunakan helm proyek.

Menanggapi hal tersebut, anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Her Pramtama menjelaskan di dalam ilmu arsitektur tidak dikenal konsep desain dengan nama 'proyek mangkrak'.

"Konsep desain bergaya rustic ini unik, karena menggunakan material mentah atau terlihat kasar, tidak rapi, dan terkesan apa adanya," tutur Her sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Sabtu (22/05/2021).

Baca Juga: Sentuhan Cerdas Firma Arsitek Indonesia dalam Desain MediaCity Mauritius




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x