Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Ini Penyebab dan Cara Mencegah Bibir Kering Saat Berpuasa, Dokter Sarankan Jangan Dibasahi

Kompas.tv - 4 April 2022, 12:54 WIB
ini-penyebab-dan-cara-mencegah-bibir-kering-saat-berpuasa-dokter-sarankan-jangan-dibasahi
Ilustrasi. Bibir kering saat berpuasa (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV — Bibir kering biasanya menjadi satu hal yang sering dikeluhkan oleh siapapun saat berpuasa. Tahukah kamu, ternyata bibir kering saat berpuasa merupakan tanda dehidrasi karena tak cukup asupan cairan saat berbuka puasa dan sahur.

Menurut dr. Aninda Marina, SpDV dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), kurangnya cairan yang dikonsumsi saat berbuka puasa serta sahur dapat menyebabkan kulit dehidrasi. Adapun tandanya, antara lain bersisik, pecah-pecah, kering, dan gatal.

Meski rentan dialami banyak orang, Aninda tidak menyarankan untuk membasahi bibir kering dengan menjilatnya memakai lidah dan air liur.

"Kebiasaan menjilat-jilat bibir ini termasuk kebiasaan buruk karena membuat kekeringan bibir lebih lanjut," kata Aninda seperti dikutip Antara, Senin (4/4/2022).

Ia menjelaskan, air liur mengandung enzim pencernaan yang bila terkena bibir karena dijilati bisa secara tidak langsung mendegradasi lapisan kulit atau mukosa.

Akibatnya, lapisan kulit bibir terganggu sehingga bisa menyebabkan eksim dan terganggunya sawar kulit atau skin barrier (berfungsi mencegah keluar atau masuknya zat yang berada di luar ke dalam tubuh atau dari dalam ke luar tubuh).

Baca Juga: 3 Tips Mengatasi Kulit Kering saat Berpuasa, agar Tak Jadi Gatal hingga Radang

Cara mencegah bibir kering saat berpuasa

Agar tubuh tak dehidrasi dan menyebabkan bibir kering saat berpuasa, sebaiknya penuhi kebutuhan cairan saat berbuka dan sahur.

Menurut anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap individu perlu memenuhi 30 ml per kg berat badan dalam 24 jam.

"Kalau berat badan 50 kg paling sedikit 1,5 liter dalam 24 jam saat berbuka atau sahur atau 8 gelas (2 liter)," kata Aninda.




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x