Kompas TV religi beranda islami

Dapat Keberkahan Berlipat, Ini Alasan di Balik Sunah Mandi Pada Hari Jumat

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 05:51 WIB
dapat-keberkahan-berlipat-ini-alasan-di-balik-sunah-mandi-pada-hari-jumat
Ilustrasi mandi untuk salat jumat. Dalam Islam, dianjurkan bergegas untuk mandi jumat, hukumnya sunah. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi umat Islam, mandi di hari Jumat hukumnya sunah. Lantas, kenapa sih hari Jumat, apa keistimewaanya?

Mandi Jumat selain dianjurkan, ternyata memiliki banyak rahasia dan keutamaan. Selain itu, ada banyak kebaikan yang terkandung di dalamnya.  

Dalam sebuah hadis  yang diriwayatkan oleh Sahih Bukhari, Nabi mengisahkan mereka yang bergegas untuk ibadah, mandi di hari Jumat, maka kebaikan baginya melimpah.

Tidak tanggung-tanggung, kata Nabi, jika seorang muslim salat Jumat dan ia juga mandi seperti halnya mandi wajib, maka ia akan mendapatkan banyak sekali keberkahan dalam hidupnya.

Sabda Nabi Muhammad SAW: "Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah (Wajib), lalu berangkat menuju masjid, maka ia seakan berkurban dengan seekor unta.

Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi.

Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam.

Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut). (HR. Bukhari).

Itulah alasan kenapa dianjurkan mandi untuk salat Jumat itu sunnah, selain untuk kebersihan tapi juga banyak kebaikan.  

Baca Juga: Keberkahan Membaca Surat Yasin di Malam Jumat

Lantas, bagaimana cara sunah mandi hari Jumat?

Kesunahan mandi di hari Jumat bisa menggunakan cara yang sama seperti halnya mandi wajib. Mandi wajib ini untuk menghilangkan hadas besar.

Caranya, dengan membasuh seluruh kujur tubuh tanpa terkecuali.  

Bisa dimulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki. Bahkan di sela-sela tubuh yang mungkin jarang terbasuh seperti lipatan-lipatan dalam tubuh juga baiknya dibersihkan.  

Itulah rahasia kenapa di hari Jumat, jika sudah waktunya,  kita sebaiknya bergegas untuk mandi dan memperbanyak zikir.

Jika anda bekerja, bisa juga dimulai sejak pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Dengan tetap memperbanyak zikir di sela-sela mencari nafkah halal untuk keluarga.

Semoga Allah senantiasa meridhoi kita di hari Jumat yang berkah. Amin.

Wallahu a’lam.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x