Kompas TV regional berita daerah

Aksi Demo Petambang Di Sangihe

Kompas.tv - 20 Juli 2020, 19:16 WIB
Penulis : KompasTV Manado

Sangihe, Kompas.tv-  Ratusan Petambang Emas Kampung Bowone Kecamatan Tabukan Selatan Tengah Kabupaten Sangihe mendatangi Rumah Dinas Bupati Sangihe Jabes Gaghana  pada Jumat siang, untuk menyampaikan beberapa tuntutan warga terkait lokasi Pertambangan rakyat.

Dengan membawa sejumlah poster, masa yang berasal dari Solidaritas Petambang Emas Kampung Bowone Sangihe,  bergerak dari Pelabuhan Tahuna menuju Rumah Dinas Bupati Sangihe, ratusan petambang inipun diterima langsung oleh Bupati Jabes Gaghana dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sangihe.

Para warga menuntut pihak Pemerintah untuk membebaskan tanpa syarat bagi petambang yang dijerat kasus hukum di Polres Sangihe serta membuka kembali  area pertambangan rakyat yang sementara ditutup pihak Pemerintah. Jika permintaanini tidak diindahkan Pemerintah, warga akan kembali dengan jumlah yang lebih banyak.

Sementara itu Bupati Jabes Gaghana marah pada para petambang yang diduga menista dirinya dan meminta dirinya untuk mengundurkan diri disaat demo berlangsung.  Iya menjelaskan bahwa sebaliknya Pemerintah melindungi rakyatnya. Penutupan area pertambangan tersebut karena adanya Alat Berat jenis eskavator yang masuk yang diduga merusak lingkungan, masalah hukum yang dilakukan warga petambang pihak pemerintah tidak bisa melakukan intervensi.

NONTON JUGA : https://www.youtube.com/watch?v=6_xJqpAMajM&t=4s

Diketahui Pemerintah menutup sementara area pertambangan rakyat Kampung Bowone  dikarenakan adanya Eskavator yang merusak lingkungan ditanah Mahamu. Pihak pemerintah berkomitmen untuk tidak memberi ruang bagi pihak asing yang ingin melakukan pertambangan.

#kompastvmanado #demo #tambangrakyat

Tim Liputan Kompas tv Sangihe

 

Jangan Lupa juga untuk Follow & Subscribe

FB : KOMPASTV MANADO

YT : KOMPASTV MANADO https://www.youtube.com/channel/UCb42zFy64SyII10mfIVEgzg/featured

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x