Kompas TV regional berita daerah

Polda Riau Inisiasi Deklarasi Pilkada Damai dengan 43 Calon Kepala Daerah

Kompas.tv - 24 September 2024, 21:55 WIB
polda-riau-inisiasi-deklarasi-pilkada-damai-dengan-43-calon-kepala-daerah
(Sumber: -)
Penulis : KompasTV Riau

PEKANBARU- Sebanyak 43 pasangan calon (Paslon) kepala daerah di Provinsi Riau, deklarasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) damai, Selasa (24/9/2024).

Deklarasi pilkada damai yang gagas oleh Kepolisian Daerah (Polda) Riau, ini diadakan disalah satu gedung pertemuan di Kota Pekanbaru Riau.

Deklarasi pilkada damai diikuti seluruh paslon mulai dari calon gubernur dan wakil gubernur Riau, calon bupati dan wakil bupati serta calon wali kota dan wakil wali kota. 

Jumlah total paslon kepala daerah yang akan bertarung dalam pilkada serentak di Riau, ini sebanyak 43 pasang.

Dari jumlah tersebut, 32 pasang calon bupati dan wakil bupati, 8 pasang calon wali kota dan wakil wali kota, dan 3 pasang calon gubernur dan wakil gubernur.

Deklarasi juga dihadiri para pendukung dari masing-masing calon, yang jumlahnya mencapai seribu orang.

Aparat kepolisian melakukan pengamanan ketat, baik di luar maupun di dalam gedung.

Petugas juga memberlakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan 
terhadap tamu undangan sebelum masuk ke dalam gedung acara deklarasi. Bahkan, tamu undangan hanya bisa masuk bila memakai id card khusus.

Selain itu, deklarasi pilkada damai juga diikuti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau, Pj Gubernur Riau, Kejati Riau, TNI dan pejabat lainnya.

Di kesempatan ini, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengaku terharu melihat ramainya undangan yang datang menghadiri deklarasi pilkada damai.

"Jujur saya terharu. Di gedung ini ada seribu orang yang hadir deklarasi pilkada damai ini. Rencana awal, saya mau gelar di Mapolda Riau. Tapi karena banyak sekali yang mau datang, jadi dipilihlah gedung ini," ucap Iqbal saat diwawancarai wartawan.

Iqbal mengungkapkan, untuk mewujudkan pilkada damai, semua pihak harus duduk bersama dan bergandengan tangan agar menciptakan situasi kondusif.

"Deklarasi ini bertujuan untuk memastikan komitmen semua calon kepala daerah, demi suksesnya pelaksanaan pilkada yang aman dan kondusif," kata Iqbal.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x