Kompas TV regional jawa tengah dan diy

PKB DIY Minta Muhaimin Iskandar Pimpin Lagi Partai: Dukungannya Mutlak Tanpa Catatan Apapun

Kompas.tv - 17 Agustus 2024, 03:00 WIB
pkb-diy-minta-muhaimin-iskandar-pimpin-lagi-partai-dukungannya-mutlak-tanpa-catatan-apapun
Foto arsip. Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar memberi pembekalan di Hotel Grand Parkinson View Semarang, Kamis (6/6/2024). PKB DIY mendukung kembali Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar, untuk kembali menjadi Ketua Umum DPP PKB Periode 2024-2029. (Sumber: KOMPAS.COM/Titis Anis Fauziyah)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendukung pencalonan kembali Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB periode 2024-2029.

Seperti diketahui, Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar saat ini merupakan ketum partai tersebut.

Hal ini berdasarkan hasil pada Rapat Pleno DPW PKB DIY, 10 Agustus 2024 lalu yang secara bulat dan resmi memutuskan untuk meminta kembali dan mendukung Gus Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum DPP PKB pada Muktamar PKB yang akan dilaksanakan 24 - 25 Agustus pekan depan di Bali.

Baca Juga: Cak Imin Klaim Ada segelintir Orang dari PBNU yang Nafsu Cawe-Cawe ke PKB

"Semua pengurus yang hadir, baik jajaran Dewan Syuro maupun Tanfidz, badan otonom dan lembaga, secara bulat menyepakati keputusan untuk meminta dan mendukung Gus Muhaimin sebagai Ketua Umum DPP PKB 2024 - 2029. Dukungangannya mutlak tanpa catatan apapun," kata Ketua DPW PKB DIY Agus Sulistioyono di Kantor DPW PKB DIY, dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv, Jumat (16/8).

Agus Sulis menyatakan, ada tiga alasan kuat mengapa Rapat Pleno DPW PKB DIY memutuskan mendukung Gus Muhaimin.

Pertama, alasan yuridis. Pada Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) DPW PKB dan DPC PKB se-DIY pada 3 Agustus 2024, DPC PKB se-DIY bersama DPW PKB DIY telah menyepakati untuk mendukung Gus Muhaimin sebagai Ketua Umum DPP PKB 2024 - 2029. Keputusan Muskerwil itu mengikat DPW dan DPC PKB se-DIY.

Kedua, secara fakta politik, di bawah kepemimpinan Gus Muhaimin Iskandar, pada Pemilu 2024 PKB berhasil mencapai prestasi politik terbaik, dilihat dari perolehan kursi dan suara, sepanjang sejarah PKB sejak partai ini berdiri.

Ketiga, PKB dalam beberapa tahun terakhir dan sampai saat ini berada dalam kondisi yang sangat solid dan kokoh bersatu.

Gus Muhaimin berhasil membangun PKB menjadi partai yang kuat, menginspirasi para pengurus untuk terus bergerak mengabdi kepada masyarakat. Hubungan DPP PKB dengan DPW dan DPC PKB se Indonesia sangat solid, kondusif dan produktif.

Baca Juga: Cak Imin Ingatkan PBNU agar Tak Ikut Campur Internal PKB

Adapun Ketua Dewan Syuro DPW PKB DIY KH Masrur Ahmad menguatkan bahwa PKB masih butuh Gus Muhaimin, karena Cak Imin piawi dan lincah membawa PKB keluar dari situasi yang kadang sangat sulit. 

Hubungan PKB dengan NU

Sementara itu Umaruddin Masdar, Sekretaris DPW PKB DIY menambahkan, di Jogja hubungan PKB dengan NU sangat harmonis dan sinergis.

Ketua DPW PKB DIY Agus Sulistioyono bersama Umaruddin Masdar, Sekretaris DPW PKB DIY memberikan keterangan pers terkait hasil Rapat Pleno DPW PKB DIY, Kamis (15/8/2024). Rapat pleno yang digelar 10 Agustus itu secara bulat dan resmi memutuskan untuk meminta kembali dan mendukung Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum DPP PKB pada Muktamar PKB yang akan dilaksanakan 24 - 25 Agustus pekan depan di Bali. (Sumber: Dok. DPW PKB DIY)

Sebagai contoh, dalam menghadapi dan mengelola pemilihan kepala daerah di DIY, PKB dan NU telah menyepakati MOU yang isinya calon kepala daerah yang akan diusung PKB harus digodog bersama NU. Sehingga NU dan PKB dalam menghadapi Pilkada tetap dalam kerangka satu suara dan satu barisan

Selain itu, ketika membahas  rancangan peraturan daerah tentang pesantren beberapa waktu yang lalu, PWNU dan DPW PKB juga membentuk tim bersama untuk membahas dan mencermati pasal per pasal dalam raperda pesantren tersebut. 

Baca Juga: Cak Imin Ungkap Ada Sejumlah Pihak di PBNU yang 'Cawe-Cawe' di PKB! Siapa?

"Insya Allah di DIY, hubungan NU - PKB sangat baik, dan juga produktif," sambung Umar.

Umar juga menyampaikan bahwa DPW dan DPC PKB se-DIY sudah siap hadir mensukseskan Muktamar di Bali, siap mendukung Gus Muhaimin kembali memimpin DPP PKB.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x