Kompas TV regional jabodetabek

Kirab HUT ke-79 RI Digelar Sabtu Ini di Jakarta, Heru Budi Yakin Tidak Ada Kemacetan

Kompas.tv - 7 Agustus 2024, 20:05 WIB
kirab-hut-ke-79-ri-digelar-sabtu-ini-di-jakarta-heru-budi-yakin-tidak-ada-kemacetan
Sejumlah prajurit TNI berkuda membawa kereta kencana saat mengikuti Kirab Bendera Pusaka Merah Putih di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (17/8/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prosesi kirab untuk merayakat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI akan digelar di Jakarta pada Sabtu (10/8/2024) mendatang.

Penjabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono yakin kirab HUT ke-79 RI tidak akan mengganggu kelancaran lalu lintas di Jakarta.

“Enggak (macet). Itu rangkaian kirab biasa saja. Artinya melewati jalur jalan yang ada sekarang," kata Heru di Gedung Kesenian Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Meski begitu, dia memperkirakan akan ada keramaian di beberapa area di sekitar lokasi kirab.

"Mungkin ada titik-titik keramaian anak-anak sekolah di HI, Patung Kuda, sekitar Semanggi dan sekitar Cawang," katanya, dikutip dari Antara.

Dia mengatakan kirab dijadwalkan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB dan dimulai dari pelataran cawan Monas. 

Tim paskibra akan memimpin prosesi, diikuti dengan penyerahan bendera pusaka, duplikat pusaka, dan duplikat teks proklamasi kepada Kepala Sekretariat Presiden, yang kemudian akan dibawa ke Bandara Halim Perdanakusumah sebelum menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga: Warga Sekitar Dilarang Ikut Upacara HUT RI di IKN, Pemprov Kaltim Sediakan Live Streaming

Heru juga memerinci rute kirab di Jakarta, yang akan dimulai dari Monas, melewati Jalan Thamrin, Jalan Gatot Subroto, kemudian menuju Cawang, dan berakhir di Bandara Halim Perdanakusumah.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengumumkan rangkaian acara perayaan HUT ke-79 RI, yang disebut "Bulan Kemerdekaan," telah dimulai pada 1 Agustus 2024 dengan zikir dan doa kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta.

Pemerintah berencana menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Acara ini mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju.” Pengibaran bendera di IKN akan disertai dengan upacara hybrid yang juga berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca Juga: Susunan Upacara 17 Agustus 2024 HUT RI ke-79 di Sekolah dan Doanya


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x