Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Awal Agustus 35 Ribu Ton Bansos Beras Digelontorkan di Jateng dan DIY

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 11:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Usai melakukan rapat sosialisasi dan koordinasi rencana penyaluran bantuan pangan beras tahap tigaTahun 2024 di Kota Semarang, Pemimpin Bulog Wilayah Jawa Tengah, Sopran Kenedi mengatakan, untuk penerima bantuan pangan (PBP) tahap tiga di Wilayah Jateng dan DIY ini, ada 3.583.216 penerima bantuan pangan atau setara dengan 35.832.160 kilogram beras. Dari data tersebut, untuk Kanwil Jawa Tengah, penyaluran bantuan pangan beras di tahap tiga Tahun 2024 mencapai 23.559, 66 ton.

Sopran menjelaskan, alokasi bantuan beras ini akan dilakukan pada bulan Agustus, Oktober, dan Desember. Distribusi bantuan pangan beras akan dilakukan dengan transporter, dan penyaluran akan dimulai pada Kamis (1/8/2024). Untuk setiap satu kepala keluarga, akan mendapatkan 10 kilogram beras.

Pada penyaluran tahap satu dan dua, menurutnya mampu berdampak pada stabilitas harga beras, oleh karena itu penyaluran bantuan pangan beras pada tahap tiga ini dimaksudkan untuk menekan harga beras yang meningkat di pasaran pada bulan Juli.

“Untuk tahap ketiga, program bantuan pangan nasional secara spesifik akan dimulai tanggal 1 (Agustus) ketika verifikasi dan validasinya selesai. Namun, pada kondisi lain, kita sesuaikan dengan kecepatan proses verifikasi dan validasi,” jelas Sopran.

"Jawa Tengah tahun ini ada 3,5 juta KPM untuk tahap tiga. Relatif tidak ada perubahan yang berarti dibanding dengan tahap satu dan dua," tambahnya.

Data dari Bulog Wilayah Jawa Tengah, saat ini stok beras aman dengan jumlah 138 ribu ton. Jumlah tersebut dinilai aman untuk empat hingga lima bulan ke depan. Terkait importasi beras sebanyak 38.500 ton, pihak bulog tetap akan melakukan penyerapan beras dan gabah dalam negeri.

#bulog #semarang #bansos




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x