Kompas TV regional kalimantan

Kesulitan Air Bersih, Warga Desa Karya Indah Kabupaten Batola Dibantu TNI Manunggal Air Bersih

Kompas.tv - 1 Agustus 2024, 18:54 WIB

BARITO KUALA, KOMPAS.TV - Kebahagiaan anak di Desa Karya Indah, Kecamatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan terpancar seiring derasnya air mengalir di fasilitas air bersih yang telah dibangun jajaran TNI dari Kodim 1005/Barito Kuala.

Wajar saja, sebab selama ini warga desa bergantung pada pembelian air dalam jerigen untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sebab air sungai maupun sumur bor belum cukup layak untuk dikonsumsi.

"Kami sulit air bersih, sungai tidak bisa digunakan, harus beli di luar desa, sumur bor juga tidak bisa langsung konsumsi," tutur Kaur Perencanaan Desa Karya Indah, Ibrahim.

Baca Juga: Libatkan Generasi Z Awasi Pemilu, Bawaslu Kalsel : Jumlahnya Mendekati Mayoritas Kalangan Pemilih

Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Ari Aryanto didampingi Dandim 1005/Batola, Letkol Inf Kadirman Gultom, selasa siang (30/7/2024) meresmikan fasilitas TNI Manunggal Air Bersih yang ditujukan untuk mempermudah warga desa memperoleh air bersih.

Di waktu yang sama diresmikan 2664 titik sumur bor di seluruh Indonesia.

"Seperti tadi disampaikan Kasad, bahwa air ini adalah kebutuhan dasar, jadi percuma kita bicara soal kesehatan jika air bersih tidak ada, nah ini bersih ya, bahkan dandim tadi sudah minum," terang Danrem.

Baca Juga: Gelar MPLS, Anggota TNI di Banjarmasin Ajarkan Siswa Disiplin dan Karakter

TNI Manunggal Air Bersih merupakan program TNI Angkatan Darat dalam menyediakan air bersih khususnya di daerah-daerah terpencil.

Kehadiran air bersih bagi masyarakat Desa Karya Indah ini pun diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan warga.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x