Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pemutakhiran Data Pemilih Masih Berlangsung di KPU Jateng

Kompas.tv - 31 Juli 2024, 11:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pada proses menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024, KPU Jawa Tengah telah merampungkan proses pencocokan dan penelitian atau Coklit pada 24 Juli 2024 kemarin.

Saat ini KPU Jawa Tengah sedang dalam proses mempersiapkan untuk menyusun data pemilih sementara, berupa sinkronisasi data antara wilayah di masing-masing desa, kelurahan, kecamatan, dan sampai kabupaten di Jawa Tengah. Pemutakhiran data pemilih ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya data pemilih ganda di setiap wilayah yang ada di Jawa Tengah.

Nantinya, setelah proses ini baru akan diumumkan data pemilih sementara (DPS) kepada masyarakat, kemudian masa perbaikan, hingga akhirnya nanti bisa di umumkan data pemilih tetap (DPT) pada 22 September 2024 nanti.

“Sampai hari ini kami sedang mempersiapkan untuk menyusun daftar pemilih sementara, berupa sinkronisasi data antar wilayah di masing-masing desa, kelurahan, kecamatan, sampai hari ini kami laksanakan antar Kabupaten di Jawa Tengah. Kemudian output-nya adalah nanti penetapan DPS. Setelah itu ada proses uji publik atau tanggapan masyarakat kemudian melakukan sinkronisasi kembali, sampai kemudian ujungnya di tanggal 22 September kami akan menetapkan daftar pemilih tetap, ujar Handi Tri Ujiono, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah.

Selain penetapan DPT pada tanggal 22 September 2024, juga akan ditetapkan pasangan calon untuk Pilkada 2024. Setelahnya, pada tanggal 23 September akan dilakukan pengundian nomor urut calon kepala daerah.

Di tengah proses itu, untuk pendaftaran calon kepala daerah sendiri, dibuka pada tanggal 25 hingga 27 Agustus 2024. Sementara untuk persiapan logistik, KPU Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti TNI, Polri, Pemda, BPBD, dan BMKG, untuk menyusun pola dan jalur distribusi, dan mitigasi kebencanaan di setiap daerah, agar proses distribusi logistik berjalan dengan lancar.

#kpu #jateng #pilkada




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x