Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Survei Cagub Jateng 2024, Elektabilitas Taj Yasin Tertinggi

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 10:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Elektabilitas dan popularitas Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menduduki peringkat tertinggi dari hasil survei yang dilakukan oleh Proximity Indonesia untuk Pilgub Jateng 2024. 

Survei ini dilakukan di 35 kabupaten-kota di Jawa Tengah, dengan sampel seribu responden dengan margin eror 3,1 persen. Hasil survei menunjukkan bahwa elektabilitas dan popularitas Taj Yasin Maimoen peringkat pertama, kemudian disusul Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. 

Setelah kedua nama tersebut ada tiga nama yang angkanya saling berdekatan yakni Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono, Bupati Kendal Dico Ganinduto, dan Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Namun hasil ini masih mungkin berubah, sebab hanya 20 persen responden saja yang memastikan loyal pada pilihannya.

“Survei spontan kepada masyarakat untuk memilih calon gubernur dan simulasi tertutup dari sisi popularitas, rekabilitas maupun elektabilitas menunjukan bahwa dimenangkan Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin dan Irjen Pol Ahmad Luthfi. Kemudian dibawahnya, Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono, Bupati Kendal Dico Ganinduto, dan Mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Kelima nama ini dianggap masyarakat berpeluang menjadi Gubernur Jawa Tengah pada kontestasi pilkada November mendatang,” tutur Whima Edy Nugroho, CEO Proximity Indonesia.

Temuan lain yang dinilai menarik yakni elektabilitas bakal calon gubernur Jawa Tengah, sebab muncul nama Dico Ganinduto diurutan pertama dan selebritas Raffi Ahmad diurutan kedua.

Sedangkan poros politik pada Pilgub Jateng 2024 diprediksi akan muncul tiga poros yakni poros yang dipimpin PDI-P, poros politik kedua yakni berasal dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan bisa dipimpin oleh Golkar atau Gerindra, serta poros ketiga di luar koalisi PDI-P atau KIM, bisa dipimpin PKB yang memiliki suara terbanyak kedua.

#tajyasin #surveipilkada #pilgubjateng



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x