Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Nelayan Gorontalo Berburu Ikan Nike di Perairan Muara Sungai Bolango

Kompas.tv - 7 Juni 2024, 13:53 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KOTA GORONTALO, KOMPAS.TV - Musim angin barat,  menjadi salah satu momen yang kerap dinantikan oleh para nelayan di Kota Gorontalo.

Menurut nelayan, Angin Barat menandakan masuknya musim ikan nike yang banyak diminati dan dijadikan masakan khas warga Gorontalo.

Saat musim ikan nike, wilayah perairan muara Sungai Bolango, Kota Gorontalo akan dipadati oleh puluhan perahu dan nelayan untuk berburu nike.

Para nelayan akan mulai turun menangkap nike sejak sore hari, sekitar pukul 15.30 WITA hingga larut malam, bahkan sampai pagi hari.

Untuk berburu nike, nelayan biasanya menggunakan jaring panjang dan membutuhkan 5 sampai 6 orang nelayan dalam 1 perahu.

Menurut nelayan,saat turun di puncak musim nike, para nelayan bisa menangkap sebanyak 50 hingga 60 karung ikan nike.

Salah satu nelayan mengaku, tangkapan ikan nike akan dijual hingga lebih dari 1 juta rupiah per karungnya, sementara untuk perkilo, ikan nike di Gorontalo dijual pada kisaran harga 30 hingga 50 ribu rupiah.

Meskipun arus sungai muara yang cukup kuat, tidak menjadi penghalang keseruan para nelayan di Kota Gorontalo untuk berburu nike.

Baca Juga: Kebijakan Iuran Tapera Terus Tuai Reaksi Keras dari Masyarakat

Selain dijual ke pengepul, para nelayan juga biasanya menjual langsung nike hasil tangkapan di pinggir jalan dan dilokasi penangkapan. Meskipun hanya berlangsung beberapa hari, musim nike di Gorontalo memberikan dampak besar terhadap pendapat para nelayan di Kota Gorontalo.

Ikan nike menjadi salah satu jenis ikan yang dapat diolah menjadi berbagai masakan atau kuliner khas Gorontalo, karena memiliki rasa yang enak serta kandungan gizi yang tinggi.

 

#ikannikegorontalo

#nelayan

#gorontalo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x