Kompas TV regional papua maluku

Kronologi TNI dan OPM Kalenak Murib Kontak Senjata di Puncak, 1 Orang Tertembak

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 20:00 WIB
kronologi-tni-dan-opm-kalenak-murib-kontak-senjata-di-puncak-1-orang-tertembak
Komando Operasi TNI Habema kontak senjata dengan kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak. (Sumber: HO-Humas Koops TNI Habema)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

TIMIKA, KOMPAS.TV - Komando operasi (Koops) TNI Habema kontak senjata dengan kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Kalenak Murib di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkowilhan III) Letjen TNI Richard T.H Tampubolon menjelaskan bahwa peristiwa ini bermula pada Senin (3/6/2024) saat kelompok OPM itu meneror warga di sekitar Pasar Sinak.

“Kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib ini memulai melancarkan aksinya dengan menekan dan meneror masyarakat di Pasar Sinak, Kabupaten Puncak,” kata Richard, Rabu (5/6/2024).

Baca Juga: 23 Mantan OPM Kembali Ke NKRI di Distrik Aifat Tengah

Saat itu, anggota OPM bersenjata bernama Dombol Murib yang juga adik dari Kalenak Murib, memaksa meminta makanan dan uang kepada masyarakat.

Richard bilang, kelompok tersebut memang sudah meresahkan warga sejak lama karena nekat melakukan penganiayaan jika permintaannya tidak dituruti.

“Kelompok ini sangat meresahkan masyarakat karena mereka meminta dengan paksa, dan jika tidak dituruti maka akan dianiaya,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Ketika peristiwa itu terjadi, masyarakat di sekitar Pasar Sinak panik dan kemudian melapor ke aparat keamanan. Koops TNI Habema yang mendapatkan laporan langsung menuju lokasi.

“Memang pada saat itu pasukan Koops TNI Habema sedang berada cukup dekat dengan lokasi Pasar Sinak, karena sedang mengamankan pembangunan Pos Gabungan Satuan Faskon Mabes TNI,” terang Richard.

Baca Juga: 2 Hari Diganggu OPM, TNI dan Polri Tambah Pasukan ke Intan Jaya Papua Tengah

Selanjutnya, kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib itu melarikan diri ke aliran sungai menuju Kampung Nigilome. Satu anggota OPM yang tertembak, tetapi kemudian dibawa oleh rekanya.

Richard mengatakan, Koops TNI Habema berkomitmen untuk menindak kelompok OPM demi terciptanya keamanan di wilayah tersebut.

“Pasukan Koops TNI Habema berhasil menindak kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib di Distrik Sinak sebagai upaya menciptakan keamanan wilayah guna percepatan pembangunan Papua,” tukas dia.


 

 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x