Kompas TV regional berita daerah

Cegah Penyebaran Rabies, PDHI dan Pet Lovers Gorontalo Gelar Vaksinasi Gratis Bagi Hewan Peliharaan

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 13:48 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KOTA GORONTALO, KOMPAS.TV - Sebagai upaya untuk mencegah dan menekan penyebaran rabies dan penyakit berbahaya pada hewan, PDHI Cabang Gorontalo bersama pecinta hewan atau Pet Lovers Gorontalo memberikan pelayanan vaksinasi bagi hewan peliharaan secara gratis.

Vaksinasi rabies difokuskan bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang dinilai berpotensi dapat menyebarkan rabies.

Ketua PDHI Cabang Gorontalo mengungkapkan provinsi gorontalo kini masih menjadi daerah yang belum bebas rabies.

Pelayanan kesehatan dan pemberian vaksinasi secara gratis itu pun bertujuan untuk mencegah dan dan mengantisipasi adanya penyebaran rabies di Gorontalo.

Pada vaksinasi itu, PHDI Cabang Gorontalo menargetkan sebanyak 50 hewan peliharaan.

Namun karena tingginya antusias warga untuk mendapatkan vaksinasi bagi hewan peliharaannya, membuat jumlah pendaftar melebihi kuota yang disiapkan.

Sebelum di suntik vaksin, hewan peliharaan akan lebih dulu ditimbang dan diperiksa suhu tubuhnya.

PHDI Cabang Gorontalo juga mengatakan, suntik vaksinasi terhadap hewan peliharaan dapat dilakukan hingga 2 kali dalam setahun tergantung jenis vaksin yang digunakan. 

Selain melakukan vaksinasi, PDHI Cabang Gorontalo juga mengatakan pencegahan penyebaran rabies dapat dilakukan dengan menekan angka populasi hewan yang berpotensi menyebarkan rabies kepada manusia.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi rabies, PHDI cabang Gorontalo terus berkomitmen dalam memberikan sosialisasi.

Pelayanan vaksinasi rabies gratis oleh PDHI bersama Pet Lovers Gorontalo itu pun disambut antusias puluhan pemilik hewan peliharaan.

Bahkan, para pemilik hewan peliharaan rela mengantri demi bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi rabies.

Seorang pemilik kucing mengaku sangat bersyukur dengan adanya pelayanan vaksinasi rabies tersebut.

Baca Juga: Maju Lewat Jalur Perseorangan, Pasangan Burhanudin dan Rivendy Siap Ramaikan Pilkada Boalemo

Selain tidak perlu merogoh kocek, pemilik hewan peliharaan juga mengaku vaksinasi rabies sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh hewan peliharaan. 

Pelayanan vaksinasi rabies itu pun dinilai sangat bermanfaat bagi para pecinta hewan peliharaan maupun untuk seluruh masyarakat agar terhindar dari penyebaran rabies.

Para pemilik hewan dan masyarakat berharap, pelayanan vaksinasi rabies atau pelayanan kesehatan bagi hewan di Gorontalo dapat terus dilakukan dan memberikan edukasi penyakit berbahaya yang ada pada hewan liar maupun hewan peliharaan.

 

#cegahrabies

#PDHI

#petloversGorontalo

#gorontalo

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x