Kompas TV regional bali nusa tenggara

Gunung Lewotobi di Flores Timur Erupsi dan Berstatus Waspada, Warga Diimbau Waspadai Gas Beracun

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 12:24 WIB
gunung-lewotobi-di-flores-timur-erupsi-dan-berstatus-waspada-warga-diimbau-waspadai-gas-beracun
Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, NTT, mengalami erupsi pada Rabu (27/12/2023) pukul 07.00 WITA. (Sumber: ANTARA/HO-PVMBG)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

FLORES, KOMPAS.TV - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami erupsi pada Rabu (27/12/2023) pagi sekitar pukul 07.00 WITA.

Petugas Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi, Anselmus Lamanepa, mengatakan terdapat lontaran abu vulkanik dengan tinggi kolom abu 1.000 meter dari kawah gunung atau 2.584 meter di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut,” kata Anselmus, Rabu.

Baca Juga: Erupsi Lagi, Gunung Semeru Semburkan Kolom Abu Sejauh 1 Km di Atas Puncak Mahameru

Pada seismogram, erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki terekam mengalami erupsi dengan amplitudo maksimum 37 mm dengan durasi 4 menit 28 detik.

Saat ini, status Gunung Lewotobi Laki-Laki berada pada level II waspada. Anselmus meminta warga untuk tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat kawah.

Selain itu, warga diimbau untuk tidak mendekati lubang tembusan gas yang ada di sekitar kawah karena ada potensi gas beracun.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur Abdur Razak Jakra mengimbau warga untuk mengenakan masker apabila beraktivitas di luar rumah.

Pihak BPBD telah berkoordinasi dengan berbagai elemen untuk membangun posko bencana.

“Saya juga sudah minta camat untuk berkoordinasi dengan Polsek dan Danramil setempat untuk membangun posko,” ucap Abdur.

Baca Juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Mulai 31 Desember 2023 hingga 31 Maret 2024

Sebelumnya, aktivitas gunung api ini meningkat sejak 17 Desember 2023 dan berada pada level II atau waspada.

Gunung Lewotobi Laki-Kaki mengalami erupsi pada Sabtu (23/12/2023) dengan tinggi kolom abu teramati 1.000-1.500 meter di atas puncak.

Dilansir laman Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Lewotobi adalah gunung berapi kembar yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores.

Gunung Lewotobi terdiri dari dua puncak, yaitu Gunung Lewotobi Laki-Laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Gunung Lewotobi Laki-Laki memiliki ketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut (mdpl).


 



Sumber : Antara, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x