Kompas TV regional jabodetabek

Tangani Warga Terdampak Polusi Udara, Menkes: Dokter Puskesmas Diajari tentang Penyakit Paru

Kompas.tv - 31 Agustus 2023, 08:15 WIB
tangani-warga-terdampak-polusi-udara-menkes-dokter-puskesmas-diajari-tentang-penyakit-paru
Foto Arsip. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah meminta  organisasi profesi dan kolegium dokter spesialis paru untuk membagikan ilmu kepada dokter-dokter di Puskesmas tentang penyakit paru. (Sumber: Dok. Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah meminta organisasi profesi dan kolegium dokter spesialis paru untuk membagikan ilmu kepada dokter-dokter di Puskesmas tentang penyakit paru.

Hal tersebut, sebagai upaya penanganan masalah kesehatan akibat dari polusi udara di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

“Kita sudah meminta organisasi profesi dan kolegium dokter spesialis paru untuk mendidik dokter-dokter Puskesmas agar paham tentang penyakit paru karena kalau ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) bisa ditangani di Puskesmas," kata Budi Gunadi saat melakukan rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Rabu (30/8/2023). 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun, kata Budi Gunadi, akan memastikan alat-alat tata laksana untuk menangani masalah kesehatan akibat dampak polusi juga telah tersedia di fasilitas kesehatan.

"Dan kita pastikan alat-alatnya juga ada," ungkapnya. 

"Kalau masuk kasus pneumonia itu harus ke rumah sakit, itu harus di rontgen, itu juga kita pastikan seluruh rumah sakit Jabodetabek bisa,” imbuhnya.

740 Fasilitas Kesehatan Disiapkan

Budi Gunadi menyebut, Kemenkes telah menyiapkan 740 fasilitas kesehatan untuk menangani masyarakat yang terjangkit penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) akibat udara yang tidak sehat.

Dalam paparannya, fasilitas kesehatan yang disiapkan terdiri dari 674 Puskesmas di Jabodetabek, 66 rumah sakit Jabodetabek dan Rumah Sakit Persahabatan sebagai Pusat Respirasi Nasional.

Baca Juga: Update Polusi Udara, Kemenkes Siapkan 674 Puskesmas dan 66 RS Tangani Dampak Kesehatan Masyarakat

Dari 674 Puskesmas yang disiapkan untuk menangani masyarakat yang terdampak polusi udara, tersebar ke beberapa Kabupaten/Kota yakni DKI Jakarta 333, Kabupaten Tangerang 44, Kota Tangerang 39, Kota Depok 38, Kota Bogor 25, Kabupaten Bogor 101, Kota Bekasi 48, Kabupaten Bekasi 46.

Selain menyiapkan fasilitas kesehatan, upaya promotif dan preventif dengan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Adapun edukasi yang  diberikan mengenai tanda-tanda gejala terinfeksi penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).





Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x