Kompas TV regional sumatra

Polda Sumbar Didesak Bebaskan Sejumlah Orang yang Ditangkap saat Ikut Aksi Warga Air Bangis

Kompas.tv - 6 Agustus 2023, 09:07 WIB
polda-sumbar-didesak-bebaskan-sejumlah-orang-yang-ditangkap-saat-ikut-aksi-warga-air-bangis
Ilustrasi aparat kepolisian saat bertugas. (Sumber: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

PADANG, KOMPAS.TV -  Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) didesak untuk membebaskan sejumlah orang yang ditangkap paksa di Masjid Raya Sumbar saat mengikuti aksi damai warga Air Bangis, Pasaman Barat, Sumbar.

Desakan tersebut dilayangkan oleh Perhimpunan Bantuan Hukum dan hak asasi manusia (HAM) Indonesia (PBHI), Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

Pasalnya, anggota Polda Sumbar dinilai melakukan penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power) dan pelanggaran HAM karena melakukan pembubaran secara paksa dan penangkapan sejumlah orang saat bersalawat di masjid sembari menunggu dialog antara perwakilan warga dengan Pemerintah Provinsi Sumbar.

"Berdasarkan informasi, terdapat empat orang masyarakat, tiga orang mahasiswa dan tujuh orang pendamping hukum yang ditangkap dan dibawa secara paksa ke Polda Sumbar," bunyi siaran pers tiga organisasi nirlaba tersebut yang diterima Kompas.tv, Minggu (6/8/2023).

Mereka pun mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk memerintahkan Kapolda Sumbar segera melakukan pembebasan tanpa syarat terhadap setidaknya 14 orang yang ditangkap secara paksa itu.

Baca Juga: Warga Air Bangis Dipaksa Pulang Polisi dari Masjid Raya Sumbar, Jurnalis Diintimidasi

Selain itu, Kapolri diminta memerintahkan Kapolda Sumbar untuk memerintahkan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumbar untuk melakukan pemeriksaan etik, disiplin, maupun pidana (jika ditemukan) terhadap anggota kepolisian yang melakukan penangkapan dan juga terhadap Kabag OPS sebagai pengendali operasi di lapangan.

Mereka juga mendesak Kapolri untuk memerintahkan Kapolda Sumbar untuk memulihkan hak korban yang mengalami upaya paksa secara sewenang-wenang baik secara fisik maupun psikis.

Di sisi lain, empat orang jurnalis juga tercatat mengalami kekerasan, intimidasi, dan penghalangan oleh personil kepolisian saat meliput aksi warga Air Bangis di Masjid Raya Sumbar pada Sabtu (5/8/2023).

Berdasarkan data Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang, empat jurnalis yang meliput peristiwa penangkapan paksa sejumlah peserta aksi damai warga Air Bangis juga sempat mengalami intimidasi dari aparat kepolisian.

Menurut AJI Padang, jurnalis Tribunnews Nandito Putra, dipiting oleh polisi berpakaian bebas saat sedang live streaming menjelaskan tentang kondisi massa aksi dan mengarahkan kamera ke arah aparat polisi yang sedang menarik-narik seorang perempuan.

"Tiba-tiba datang beberapa orang berpakaian preman dan menarik saya, handphone saya sempat diambil paksa. Lalu aparat tersebut menanyakan apa tujuan saya dan saya menjelaskan kalau saya sedang liputan,” kata Nandito dikutip dari keterangan pers AJI Padang, Minggu (6/8/2023). 

Baca Juga: Geger Bantuan Stunting untuk Sumbar Menumpuk di Gudang saat Kasusnya Tinggi

Dua orang jurnalis pun menyampaikan protes kepada para polisi, karena rekan mereka diamankan. Namun saat itu, petugas juga mengangkat kerah baju Fachri Hamzah Jurnalis Tempo dan melontarkan ancaman. 



Sumber : Kompas TV, Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x