Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Banyak Pengunjung Tak Tahu, Ini Bawaan yang Dilarang Masuk ke Masjid Syeikh Zayed

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 06:50 WIB
banyak-pengunjung-tak-tahu-ini-bawaan-yang-dilarang-masuk-ke-masjid-syeikh-zayed
Masjid Syeikh Zayed, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah dipadati pengunjung dari berbagai daerah, Minggu (2/7/2023). (Sumber: Kompas TV/Nadia Intan F.)

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah barang dan bawaan pengunjung dilarang dibawa masuk ke area Masjid Syeikh Zayed, Banjarsari, Solo/Surakarta, Jawa Tengah.

Pantauan KOMPAS.TV pada Minggu (2/7/2023) ada banyak barang bawaan pengunjung yang diminta untuk ditinggalkan di pintu masuk dekat lokasi pemeriksaan petugas keamanan.

Anda yang ingin mengunjungi masjid hadiah dari Persatuan Emirat Arab (PEA) kepada Indonesia ini sebaiknya tak membawa barang-barang ini jika tak ingin disita petugas.

1. Makanan

Segala jenis makanan dilarang dibawa masuk ke area masjid. Menurut Kepala Satpam Masjd Syeikh Zayed, Nando, makanan berat maupun makanan ringan tak boleh dibawa masuk ke area masjid.

"Karena kita tahu, walaupun sudah dikasih kantong-kantong tempat sampah pasti mereka meninggalkan sampah begitu saja. Kami mengantisipasi itu, memfilter dari depan," ujarnya kepada Kompas.TV di Surakarta, Minggu (2/7/2023).

2. Minuman yang memiliki rasa atau berwarna

Segala jenis minuman berperisa atau berwarna tak diizinkan untuk dibawa masuk. Hanya air mineral atau air putih yang boleh dibawa ke dalam area masjid.

"Air mineral yang boleh dibawa masuk, karena air minum yang berwarna kan pasti mengandung gula dan di lantai pun kalau jatuh atau tumpah pasti susah hilangnya," jelas Nando.

3. Senjata tajam

Di pintu masuk masjid terdapat alat pemindai atau scanner yang berfungsi untuk mendeteksi barang-barang pengunjung yang dibawa di dalam tas.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x