Kompas TV regional berita daerah

Harga Kebutuhan Pokok Naik Signifikan Jelang Puasa, Pedagang Sebut Sudah Jadi Tradisi Tahunan

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 11:40 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Beberapa Kebutuhan Pokok Mengalami Kenaikan Harga, Warga Berharap Pemerintah Lakukan Upaya untuk Stabilkan Harga

 

Beberapa kebutuhan pokok seperti sayur-sayuran, beras, daging ayam potong, dan telur mengalami kenaikan harga. Daging ayam potong naik dari Rp33 ribu per kilogram menjadi Rp36 ribu per kilogram, sedangkan harga tomat naik dari Rp6 ribu per kilogram menjadi Rp10 ribu per kilogram. Cabe rawit merah atau setan juga naik menjadi Rp80 ribu per kilogram dari harga sebelumnya hanya Rp45 ribu per kilogram.

 

Pedagang mengatakan bahwa kenaikan harga ini tidak disebabkan oleh masalah pasokan karena ketersediaan pasokan dari pengumpul masih aman. Namun, kenaikan harga ini menjadi tradisi tahunan menjelang puasa, di mana banyak warga yang melakukan adat berbagi makanan atau masakan kepada warga sekitar yang disebut ungah-ungahan.

 

Pedagang memperkirakan harga kebutuhan pangan pokok akan terus naik hingga menjelang puasa. Oleh karena itu, warga berharap pemerintah dapat melakukan upaya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok sehingga roda perekonomian bisa tumbuh.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x