Kompas TV regional berita daerah

Ogan Ilir Daerah Pertama Gelar Bimtek Statistik Sektoral

Kompas.tv - 9 November 2022, 21:33 WIB
ogan-ilir-daerah-pertama-gelar-bimtek-statistik-sektoral
Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani Membuka Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Penyelenggaraan Statistik Sektoral Ogan Ilir Tahun 2022. (Sumber: KompasTV Palembang)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir menggelar Sosialisasi dan Bimtek Penyelenggaraan Statistik Sektoral Ogan Ilir Tahun 2022. Kegiatan berlangsung di Hotel Aston Palembang pada 9-10 November 2022, diikuti 40 peserta dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Ogan Ilir. Dibuka oleh Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani, bimtek menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan, BPS Ogan Ilir, Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan, dan Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Ogan Ilir.

Selama ini data statistik sektoral di tiap OPD belum terintegrasi satu sama lain dan sulit diakses. Karena hal itu, bimtek bertujuan mewujudukan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan berkelanjutan, serta dapat diakses penggunanya sebagai dasar pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah. Selain itu, memberikan acuan pelaksanaan bagi instansi, dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data statistik sektoral.

Ogan Ilir menjadi daerah pertama di Sumatera Selatan yang melaksanakan sosialisasi dan bimtek statistik sektoral. Menurut Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani, hal itu jadi wujud komitmen Pemkab Ogan Ilir dalam menghasilkan satu data sektoral yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. “Pak Bupati punya komitmen yang tinggi agar kabupaten ogan ilir punya satu data sektoral, untuk keperluan perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan, pelayanan kepada masyarakat. Nah itu semua akan menjadi sangat bagus apabila didukung oleh data yang bisa dipertanggungjawabkan,” kata dia.

Ardani mengungkapkan, masing-masing OPD telah memiliki data sektoral namun pihak lain masih sulit mendapatkan data-data itu. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ke depan Satu Data Sektoral di Kabupaten Ogan Ilir itu ada. Sehingga siapapun yang butuh bisa membukanya. Klik, langsung keluar,” tukas Ardani.  

Sementara itu dijelaskan Ferdian Riza Yudha, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Ogan Ilir, lewat pelatihan ini, data statistik sektoral dari tiap OPD akan diunggah dan dapat dipublikasikan di portal satu data berbasis web. Sehingga kelak setiap data dapat diakses oleh siapapun yang membutuhkan.

“Kita mengadakan bimtek ini, diharapkan seluruh perangkat daerah yang mengutus operatornya untuk datang ke sini akan kita kenalkan, akan kita latih untuk bagaimana mereka nanti bisa menghasilkan data yang valid dari seluruh perangkat daerah, untuk selanjutnya akan kita input ke portal satu data. Cukup di portal satu data, ini berbasis web, bisa diakses oleh siapapun. Ini bisa di sana semua data yang dibutuhkan,” ungkap Ferdian.

Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Ogan Ilir sebagai wali data, menargetkan 30 persen data sudah siap diunggah pada Desember tahun ini. Selanjutnya di tahun 2023, secara bertahap seluruh data yang dibutuhkan sudah dapat dipublikasikan.




Sumber : Kompas TV Palembang




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x