Kompas TV regional peristiwa

Kisah Korban Selamat KM Cantika Express yang Terbakar: Terpisah dari Ayahnya oleh Hempasan Gelombang

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 14:16 WIB
kisah-korban-selamat-km-cantika-express-yang-terbakar-terpisah-dari-ayahnya-oleh-hempasan-gelombang
Penumpang selamat setelah Kapal Cantika 77 Terbakar di perairan Naikliu Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, Senin 24 Oktober 2022. Penumpang melompat ke laut kemudian berenang dan mendapat pertolongan dari warga dan Basarnas Kupang (Sumber: Tangkapan layar dari Tribunnews.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

KUPANG, KOMPAS.TV –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyampaikan, jumlah korban jiwa akibat kebakaran yang terjadi pada Kapal Motor (KM) Cantika Express 77 di wilayah perairan Pulau Timor bertambah satu menjadi 18 orang.

Sementara itu, seorang korban selamat mengungkapkan kisahnya sebagai penumpang dari kapal yang mengalami kebakaran hebat pada Senin, 24 Oktober 2022 itu.  

Dia adalah Novita Jo Lobo. Selama lebih dari dua jam dari kejadian pukul 13.00 Wita hingga 17.00 Wita, Novita bersama penumpang lainnya terombang-ambing di lautan saat menyelamatkan diri dari kobaran api yang mengepung.

Saat kebakaran terjadi, dia bersama ayahnya sedang berada di bagian belakang dek kapal. Tiba-tiba dia melihat ada kepulan asap.

Ayahnya spontan berteriak dan membuat penumpang lain panik menyelamatkan diri.

"Jadi bapak sempat bilang, ada asap ini. Jadi kita semua mulai panik dari situ," ungkapnya di RS Johannes Kupang, dikutip dari Tribunnews Kupang, Rabu (26/10/2022).

Kobaran api pun muncul. Kemudian ada arahan dari pihak kapal agar penumpang tidak melompat ke laut. Namun penumpang yang panik berdesakan ke bagian depan kapal.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Berhasil Mengevakuasi 17 Korban KM Cantika 77 yang Terbakar

Saat kapal masih melaju menuju Alor, penumpang yang berusaha menyelamatkan diri saling dorong hingga ada yang terjatuh dalam laut.

"Setelah itu karena saya dekat dengan perauh karet maka saya langsung pegang perauh karet," jelas dia.


 




Sumber : Kompas TV, Tribun Kupang, Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x