Kompas TV regional berita daerah

Bupati Tabanan Ngantor Di Desa Gadungan

Kompas.tv - 21 September 2022, 11:54 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

TABANAN, KOMPAS TV - Kegiatan ngantor di desa merupakan salah satu program sederhana dari Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, dalam mewujudkan pembangunan desa dan kabupaten yang sejalan dan selaras. Dimana kegiatan ngantor di desa ini di laksanakan secara berkelanjutan sebagai salah satu upaya untuk menggali seluruh potensi alam, krama dan budaya yang ada di 133 desa di Kabupaten Tabanan.

Saat bupati ngantor di Desa Gadungan, Kecamatan Selemadeg Timur, pada Senin (19/9) lalu, berbagai macam kegiatan yang dilakukannya. Salah satunya panen jagung, lounching unit usaha pengelolaan jagung, diskusi dengan masyarakat dan sekaligus menjaring aspirasi melalui keluhan ataupun usulan dari masyarakat setempat. Selain itu bupati juga melepas pengiriman hasil produksi panen petani jagung yang menjadikanya tepung jagung.

Giat bupati ngantor di desa kali ini gi dampingi langsung istri tercintanya, Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya, selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, untuk menyapa langsung ibu – ibu PKK desa.

Dalam kesempatanya bupati juga meminta kepada para kepala OPD Tabanan agar setiap agenda bupati ngantor di desa, bisa membawa manfaat langsung kepada masyarakat, seperti memberi pelayanan langsung yang cepat dan praktis kepada masyarakat. Selain itu, jika ada UMKM yang harus di suport, agar dinas terkait lebih respon agar  lebih baik kedepanya demi mewujudkan Tabanan yang aman,  unggul dan madani.

Selain itu, bupati juga memberi apresiasi kepada desa gadungan yang telah memiliki wawasan, sebagai daerah pertanian dengan produk jagung sebagai hasil pertanian unggulanya. Mengingat desa gadungan merupakan salah satu desa agraris, dimana wilayahnya berupa lahan basah dan kering atau lahan persawahan dan ladang.

Sistem pertanian di Desa Gadungan ini agak sedikit berbeda dengan desa lainya, dimana petani menanam jagung dengan perbandingan dua kali menanam jagung dan satu kali menanam padi, dengan luas lahan jagung yang di taman sebanyak 150 hektar,  dengan jumlah produksi jagung kering sekitar 1500 ton, dengan jenis bisi321 simental dengan umur 115 hari.

Dalam hal ini perangkat pemerintah  di tingkat desa hingga kabupaten saling melengkapi, untuk hadir membantu petani dalam hal pemasaran, sehingga petani bisa mendapatkan penjualan dengan harga yang standar, agar berguna bagi kesejahteraan petani tersebut.

 

 

 

 

 

 

#Bupatitabanan  #ngantordidesa   #desagadungan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x