Kompas TV regional sosial

Kerja Sama Pemda DIY dengan Hotel Ibis dan Malioboro Mal Usai, Berdampak pada Ratusan Pekerja

Kompas.tv - 13 September 2022, 14:33 WIB
kerja-sama-pemda-diy-dengan-hotel-ibis-dan-malioboro-mal-usai-berdampak-pada-ratusan-pekerja
Hotel Ibis Malioboro. Selesainya kontrak kerja antara Hotel Ibis Malioboro dan Mall Malioboro dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berimbas pada ratusan pekerja. (Sumber: Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Selesainya kontrak kerja antara Hotel Ibis Malioboro dan Mall Malioboro dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berimbas pada ratusan pekerja.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, Pemda DIY tidak mengambil alih hotel dan mall tersebut, tetapi kontrak kerja dengan hotel dan mall sudah selesai.

"Aset kemudian dikembalikan ke Pemda, supaya tidak ada kevakuman hari ini pemda sudah menugaskan pengelola baru manajemen baru,” jelas dia, Selasa (13/9/2022), dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

“Kewenangan itu untuk bisa mengatur salah satunya tentang karyawan.”

Baca Juga: Pemda DIY Cegah Masuknya Hewan Ternak dari Daerah Terjangkit Wabah PMK

Mengenai adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan lama, karena ada manajemen baru, menurut Aji, mereka adalah karyawan yang direkrut oleh manajemen lama, di bawah PT Yogyakarta Indah Sejahtera (YIS).

"Dengan manajemen baru soal mendaftar atau tidak mendaftar prosedur itu tetap harus dilakukan harus ada pendataan terhadap karyawan baru kan.”

“Pendataan tentang profil dia seperti CV kan gitu supaya ada profil SDM seperti apa. Tentu ikatannya dengan pengelola baru," ujarnya.

Ia menjelaskan, manajemen membutuhkan karyawan yang paham dan mengenal betul tentang pengelolaan di mal dan hotel tersebut.

"Pada prinsipnya pengelola baru membutuhkan karyawan yang sudah bisa dan sudah tahu tentang di situ. Jadi saya kira tinggal jumlah yang dibutuhkan saja," kata dia.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x