Kompas TV pendidikan kampus

Ini Tiga Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Ujian Mandiri Unpad Daring!

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 08:00 WIB
ini-tiga-hal-yang-wajib-diperhatikan-sebelum-ujian-mandiri-unpad-daring
Ilustrasi Universitas Padjadjaran (Unpad). Jalur Mandiri Unpad 2023. (Sumber: Wartakota/Ist)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ujian Seleksi Masuk Universitas Padjajaran (Unpad) Jalur Mandiri tinggal menghitung hari. Ujian akan dilaksanakan secara daring pada 8-10 Juli 2023 mendatang.

Sebelum mengikuti ujian, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, termasuk soal perangkat, waktu, hingga tata tertib ujian. Salah satu yang menjadi pertanyaan peserta adalah pakaian yang dikenakan saat ujian berlangsung.

Koordinator Helpdesk Jalur Mandiri Unpad Imanudin Kudup mengatakan bahwa hal pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan namanya sudah masuk dalam daftar peserta ujian.

Untuk masuk ke daftar peserta ujian, peserta harus melakukan pendaftaran serta melakukan proses registrasi. Peserta juga wajib memverifikasi tempat dan perangkat ujian.

Baca Juga: Masih Dibuka hingga Besok, Begini Cara Daftar Jalur Mandiri SIMAK UI di penerimaan.ui.ac.id

Perangkat Ujian

Terdapat sejumlah spesifikasi minimal yang harus dipenuhi pada perangkat yang digunakan untuk ujian. Peserta harus memiliki komputer PC atau Laptop yang ada webcam dan dapat terkoneksi dengan internet.

“Ini penting karena spesifikasi ini akan menentukan lancar atau tidaknya yang ada berhubungan dengan kenyamanan, tidak mengalami banyak gangguan terkait kendala teknis,” jelas Imanudin, Selasa (4/7/2023), seperti dikutip dari laman unpad.ac.id.

Peserta juga harus menyiapkan ponsel berkamera untuk bergabung dalam ruang Zoom. Kemudian, kuota internet minimal 4 GB dengan kecepatan minimal 1 Mbps juga diwajibkan.

Baca Juga: Simak 2 Prodi Terbaru ITS Surabaya: Rekayasa AI dan Rekayasa Perangkat Lunak, Prospek Lulusan Cerah!

Disiplin waktu

60 menit sebelum ujian dimulai, peserta harus masuk ke ruang Zoom. Link tercantum pada Kartu Peserta Ujian masing-masing. Pengawas akan melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada orang lain di dalam ruangan.

Peserta juga harus login ke aplikasi ujian paling lambat 15 menit sebelum ujian dimulai.

“Keterlambatan dengan alasan apapun setelah 30 menit sejak tes dimulai mengakibatkan peserta tidak diperbolehkan mengikuti tes,” tegas dia.

Baca Juga: Jalur Mandiri USU 2023 Masih Dibuka, Cek Biaya Kuliahnya

Tata Tertib Ujian

Salah satu tata tertib yang harus diperhatikan adalah pakaian. Imanudin menjelaskan, peserta dilarang mengenakan kaos oblong atau t-shirt saat mengikuti ujian. Masker juga tidak diperkenankan digunakan.

Webcam pada perangka peserta harus selalu menyala sehingga pengawas bisa memantau situasi dengan jelas. Apabila aktivitas peserta tidak dapat terlihat melalui kamera, pengawas dapat menghentikan ujian dan peserta dianggap telah menyelesaikan ujian.



Sumber : unpad.ac.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x