Kompas TV olahraga sports

Luhut Mau Bikin City Marathon Berstandar Internasional Seperti di London dan Berlin

Kompas.tv - 13 Oktober 2024, 16:15 WIB
luhut-mau-bikin-city-marathon-berstandar-internasional-seperti-di-london-dan-berlin
Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan niatnya untuk menggelar city marathon yang berstandar internasional di Indonesia, seperti di London dan Berlin. (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan )
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan niatnya untuk menggelar city marathon yang berstandar internasional di Indonesia, seperti di London dan Berlin. 

Luhut optimistis event tersebut bisa terwujud dengan kerja keras dan kolaborasi. Ia pun mengapresiasi 16.000 peserta Jakarta Running Festival yang digelar sejak Sabtu (12/10/2024).

"Sebagai Ketua Umum @pbpasiofficial, ini adalah langkah awal dari cita-cita besar saya. Menghadirkan city marathon yang memenuhi standar internasional dalam hal regulasi, keamanan, dan kenyamanan bagi para pelari," kata Luhut lewat akun Instagram resminya, @luhut.pandjaitan, Minggu (13/10/2024). 

Baca Juga: Pusat Pelatihan Atletik PB PASI dengan Fasilitas Berstandar Internasional Telah Diresmikan

"Kami ingin menciptakan event yang setara dengan ajang bergengsi dunia, seperti London Marathon dan Berlin Marathon. Saya percaya, dengan kerja keras dan kolaborasi kita semua, impian ini tidak akan lama lagi bisa terwujud," tambahnya. 

Luhut mengungkapkan pihaknya tengah mempertimbangkan penerapan sistem skoring/ranking layaknya grand prix untuk kegiatan lari yang disertifikasi oleh PASI. 

Melalui sistem ini, para pelari dapat mengumpulkan poin sepanjang tahun, yang kemudian akan direkapitulasi dan diakhiri dengan pemberian grandprize bagi pemenangnya. 

Menurut Luhut, inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetisi, tetapi juga mendukung perkembangan industri olahraga lari di tanah air.

Baca Juga: Kini Kab. Bandung Punya Pusat Pelatihan Atletik Berstandar Internasional di Pangalengan

"Saya sangat mengapresiasi antusiasme para peserta yang datang dari berbagai latar belakang. Kegiatan ini bukan hanya tentang berlari, tetapi juga bagaimana membangun komunitas dan menciptakan budaya olahraga yang inklusif," tuturnya. 

"Dengan semakin banyaknya event lari yang telah disertifikasi oleh Persatuan Atletik, saya rasa kita sedang dalam perjalanan untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah event lari kelas dunia," sambungnya. 




Sumber : KOMPAS TV, Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x