Kompas TV olahraga sports

Dapat Bonus Miliaran Rupiah dari Raih Medali Olimpiade Paris, Rizki dan Veddriq Mau Pakai Buat Apa?

Kompas.tv - 14 Agustus 2024, 10:05 WIB
dapat-bonus-miliaran-rupiah-dari-raih-medali-olimpiade-paris-rizki-dan-veddriq-mau-pakai-buat-apa
Lifter andalan Indonesia, Rizki Juniansyah, yang meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024, melakukan selebrasi saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa malam (13/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Azmi Syamsul Maarif)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

BANTEN, KOMPAS.TV - Para atlet Indonesia peraih medali di Olimpiade Paris 2024 memiliki rencana untuk menggunakan bonus yang mereka terima dari pemerintah. Mereka berkomitmen untuk memperbaiki fasilitas latihan di daerah asal masing-masing, dengan harapan dapat membantu melahirkan atlet-atlet berprestasi di masa depan.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, atlet peraih medali emas berhak mendapatkan bonus sebesar Rp6 miliar per orang. Peraih medali perunggu akan menerima bonus Rp1,65 miliar, sedangkan pelatih atlet peraih emas masing-masing mendapat Rp2,75 miliar.

“Yang jelas (atlet peraih medali) akan diberikan bonus, baik yang telah meraih medali emas maupun perunggu,” kata Jokowi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagaimana dikutip Antara, Selasa (13/8/2024).

Peraih medali emas cabang olahraga angkat besi Rizki Juniansyah mengungkapkan rencananya untuk memperbaiki Sasana Bulldog Gym di Kota Serang, Banten, tempat ia dibesarkan dan dibentuk menjadi atlet.

"Insyaallah ke depannya saya akan memperbaiki semua Sasana Bulldog Gym untuk lebih baik lagi, agar nanti saya bisa berprestasi lagi untuk menyumbangkan medali-medali di ajang lainnya," ujar Rizki, Rabu (14/8).

Senada dengan Rizki, Veddriq Leonardo, peraih medali emas cabang panjat tebing, juga berencana mengalokasikan sebagian bonusnya untuk memperbaiki tempat latihan panjat tebing di daerahnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pastikan Peraih Medali Olimpiade Diganjar Bonus, Rp6 Miliar untuk Emas

"Sebagian nanti akan saya persembahkan untuk orang tua saya, dan juga sebagian lagi untuk memperbaiki tempat latihan," papar Veddriq.

Selain untuk perbaikan fasilitas, para atlet juga menyadari pentingnya menabung untuk masa depan. Mereka mengakui bahwa profesi atlet memiliki batas usia dan performa yang akan menurun seiring bertambahnya umur.

Oleh karena itu, sebagian bonus akan dijadikan tabungan untuk mempersiapkan kehidupan pascapensiun dari dunia olahraga.

"Semoga bonus ini bisa bermanfaat dan bisa ditabung sebaik mungkin untuk saya," ungkap Rizki.

Veddriq juga menekankan pentingnya pengelolaan bonus yang bijak mengingat usia atlet panjat tebing yang terbatas.

Kontingen Indonesia berhasil menempati peringkat ke-39 dalam klasemen akhir Olimpiade Paris 2024 dengan perolehan dua medali emas dan satu medali perunggu.

Medali emas disumbangkan oleh Veddriq Leonardo dari cabang panjat tebing nomor Speed putra dan Rizki Juniansyah dari cabang angkat besi kelas 73 kg putra. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Gregoria Mariska Tunjung dari cabang bulu tangkis nomor tunggal putri.

Baca Juga: Lika-Liku Rizki Juniansyah sebelum Raih Medali Emas Olimpiade 2024: Sempat Kecelakaan dan Operasi


 




Sumber : Antara, Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x