Kompas TV olahraga sepak bola

Southgate Sebut Performa Inggris Berkembang, Sesumbar 70 Persen Penguasaan Bola Lawan Slovenia

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 14:48 WIB
southgate-sebut-performa-inggris-berkembang-sesumbar-70-persen-penguasaan-bola-lawan-slovenia
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate mengacungkan kedua jempol usai pertandingan Euro 2024 antara Inggris vs Slovenia di Koeln, Jerman, Selasa (25/6/2024). (Sumber: Frank Augstein/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

KOELN, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate menilai permainan anak asuhnya telah berkembang di Piala Eropa 2024 atau Euro 2024. Eks pelatih Middlesbrough itu menyebut Harry Kane dan kawan-kawan menunjukkan perkembangan dalam laga kontra Slovenia.

Inggris ditahan imbang Slovenia 0-0 dalam partai terakhir Grup C pada Selasa (25/6/2024) malam waktu setempat atau Rabu (26/6) dini hari. Kendati ditahan imbang, Inggris memuncaki Grup C dengan torehan lima poin.

Baca Juga: Klasemen Peringkat 3 Terbaik Euro 2024: Belanda dan Slovenia Lolos 16 Besar

Menurut Southgate, anak asuhnya menunjukkan performa apik ketika menguasai bola. Southgate pun menyinggung penguasaan bola Inggris yang mencapai 74 persen.

"Saya pikir ada peningkatan. Kami secara umum menguasai pertandingan, lebih dari 70 persen penguasaan bola. Di babak kedua khususnya, kami terus mengirim serangan, gelombang demi gelombang," kata Southgate dimuat laman resmi Euro 2024.

"Kami menciptakan beberapa peluang yang bagus, kami sekadar gagal menyelesaikannya pada malam ini."

Lebih lanjut, Southgate menyanjung aspek defensif dari permaianan Three Lions. Jordan Pickford dan kawan-kawan hanya kebobolan satu gol dalam tiga laga fase grup Piala Eropa 2024.

Akan tetapi, Inggris juga kurang maksimal dalam menyerang. Anak asuh Southgate tercatat hanya mencetak dua gol dari tiga pertandingan fase grup.

Gareth Southgate sendiri kerap dikritik terkait performa Inggris di Euro 2024. Berbagi pihak menilai Southgate membawa Inggris tampil kurang atraktif dan tidak memaksimalkan talenta lini serang.

Meskipun demikian, permainan "kurang atraktif" Inggris nyatanya cukup untuk membawa finalis Euro 2020 ini lolos ke 16 Besar. Inggris akan menghadapi peringkat tiga terbaik Grup D atau Grup E di babak 16 Besar Euro 2024.

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Belanda Dikejutkan Austria, Grup Inggris Kompak 0-0



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x