Kompas TV olahraga kompas sport

Petenis Nomor 1 Dunia, Ashleigh Barty Putuskan Pensiun di Umur 25 Tahun

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 15:16 WIB
petenis-nomor-1-dunia-ashleigh-barty-putuskan-pensiun-di-umur-25-tahun
Petenis nomor satu dunia asal Australia, Ashleigh Barty memutuskan pensiun di usia 25 tahun. (Sumber: robiciatennis.com/Rob Keating)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

MELBOURNE, KOMPAS.TV - Petenis nomor satu dunia asal Australia, Ashleigh Barty membuat kabar yang mengejutkan dunia tenis, dengan mengumumkan pensiun di umur 25 tahun, Rabu (23/3/2022).

"Hari ini sulit dan penuh dengan emosi bagi saya ketika saya mengumumkan pengunduran diri saya dari tenis," kata Barty melalui unggahan video di akun Instagram-nya.

Pemegang rekor peringkat satu WTA selama 121 pekan beruntun, memulai karier profesionalnya 10 tahun silam. 

Selama kariernya di level teratas, Barty sudah merengkuh tiga gelar Grand Slam: French Open 2019, Wimbledon 2021, dan Australia Open 2022. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ash Barty (@ashbarty)

Sejak memulai debutnya 10 tahun silam, total Barty telah mendapatkan 15 gelar di nomor tunggal dan 12 dari nomor ganda. Dari periode yang sama, itu merupakan jumlah titel terbanyak dibandingkan petenis aktif lainnya.

Soal rekor berada di ranking pertama WTA, Barty juga hanya kalah dari para petenis legendaris macam Steffi Graf (188 pekan), Martina Navratilova (156 pekan), hingga Serena Williams (186 pekan). 

Salah satu alasan utama Pemain Australia yang lahir 24 April 1996 ini memutuskan pensiun di umur 25 tahun adalah sudah lelah dan tidak memiliki gairah untuk bermain tenis lagi. 

Baca Juga: Orang Terdekat Angkat Senjata Lawan Rusia, Petenis Wanita Ukraina Ikutan Berjuang

"Saya tidak memiliki dorongan fisik, keinginan emosional dan segala sesuatu yang diperlukan untuk menantang diri sendiri di level paling atas lagi, dan saya pikir saya hanya tahu bahwa saya benar-benar lelah," sambung Barty.

"Saya hanya tahu secara fisik saya tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan dan itu bagi saya adalah kesuksesan. Saya telah memberikan semua yang saya bisa untuk olahraga yang indah ini."

"Dan bagi saya itu adalah kesuksesan saya dan saya tahu bahwa orang mungkin tidak memahaminya dan tidak apa-apa. Saya baik-baik saja dengan itu. Karena saya tahu itu untuk saya."
 




Sumber : instagram.com/ashbarty




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: