Kompas TV nasional peristiwa

Berkunjung ke KompasTV, Kepala Bakamla Bahas Kerja Sama dan Progres Revisi UU Kelautan

Kompas.tv - 17 Oktober 2024, 04:30 WIB
berkunjung-ke-kompastv-kepala-bakamla-bahas-kerja-sama-dan-progres-revisi-uu-kelautan
Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya TNI Irvansyah saat berkunjung ke kantor KompasTV di Menara Kompas, Jakarta, Rabu (16/10/2024). (Sumber: Fadhil Al Birra/Kompas.tv)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya TNI Irvansyah berkunjung ke KompasTV di Menara Kompas, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Kedatangan Kepala Bakamla RI disambut hangat oleh kedua Wakil Pemimpin Redaksi KompasTV Alexander Wibisono dan Martian Damanik. Pertemuan berlangsung dalam suasana penuh keakraban, membahas berbagai topik penting terkait keamanan laut dan potensi kerja sama ke depan.

Salah satu fokus diskusi adalah perkembangan revisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan.

Baca Juga: Update! Usai Kebakaran, Kegiatan Operasional Bakamla RI Jakarta Tetap Berjalan Normal

Dalam kunjungannya, Irvansyah menekankan harapan agar Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dapat mendorong percepatan revisi undang-undang tersebut.

Dia juga menyoroti pentingnya peran instansi sipil, khususnya Coast Guard, dalam menjaga keamanan laut Indonesia di masa damai.

Pada kesempatan tersebut, Irvansyah juga menyampaikan bahwa Bakamla RI akan menandatangani kontrak pembangunan kapal sepanjang 80 meter yang merupakan hibah dari Jepang.

Kapal ini diharapkan dapat memperkuat armada Bakamla RI dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan dan keamanan laut.

"Bakamla mendapat hibah kapal sepanjang 80 meter dari Jepang. Kami berharap bisa segera terwujud," jelas perwira tiga bintang itu dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, Bakamla RI menjadi pelopor terbentuknya ASEAN Coast Guard Forum (ACF) dan tahun 2023 bertindak sebagai ketua pertama forum tersebut. Inisiatif ini menunjukkan komitmen Bakamla RI dalam memperkuat kerja sama keamanan laut di kawasan Asia Tenggara.

Dalam pertemuan ini, kedua pihak juga membahas potensi kerja sama antara Bakamla RI dan KompasTV, khususnya dalam bidang pelatihan dan pendidikan. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara kedua institusi dalam mendukung misi masing-masing.

Wakil Pemimpin Redaksi KompasTV Alexander Wibisono juga menjelaskan tentang berbagai platform media yang dimiliki oleh Kompas Group. Di antaranya, Harian Kompas, Kompas.id, Kompas.com, Tribun Network, GRID, Kontan, Kompasiana, KG Radio Network, dan lainnya. Hal ini membuka peluang kerja sama yang lebih luas antara Bakamla RI dan KompasTV.

Turut hadir mendampingi Kepala Bakamla RI dalam kunjungan tersebut adalah Deputi Operasi dan Latihan Bakamla Laksda Bakamla Andi Abdul Aziz, Kepala Unit Penindakan Hukum Bakamla Laksma Bakamla Djoni Djuhana, Direktur Litbang Bakamla Laksma Bakamla Budi Santosa, Direktur Hukum Bakamla Laksma Bakamla Priyambodo, dan Kabag Humas Kolonel Bakamla Gugun S Rachman.

Baca Juga: Jokowi Resmi Lantik Laksdya Irvansyah sebagai Kepala Bakamla

Sementara itu, dari pihak KompasTV turut hadir, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas TV Martian Damanik, Koordinator Liputan Kompas TV Abdul Rosyid, Managing Editor Digital KompasTV Fadhil Al Bira, serta PR KG Media Maria Stella.

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Bakamla RI dan KompasTV, sekaligus mendukung visi Bakamla RI dalam menjaga keamanan laut nasional.


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x