Kompas TV nasional peristiwa

PON 2024, BMKG Prakirakan Hujan akan Guyur Banda Aceh hingga Seminggu ke depan

Kompas.tv - 17 September 2024, 20:23 WIB
pon-2024-bmkg-prakirakan-hujan-akan-guyur-banda-aceh-hingga-seminggu-ke-depan
Ilustrasi hujan lebat. Peringatan dini BMKG 14-15 September 2024 (Sumber: The Economics Times)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I, Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh memperkirakan wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar akan mengalami hujan selama satu minggu ke depan.

Hujan turun dengan intensitas sedang, terutama pada dini hari hingga pagi.

Nofrida Handayani Sodik, Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Aceh mengungkapkan, cuaca di kedua wilayah ini umumnya akan cerah berawan, namun akan disertai potensi hujan di jam-jam tertentu. 

"Prakiraan cuaca Banda Aceh dan Aceh Besar umumnya cerah berawan, tetapi terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang pada dini hari-pagi hari," kata Nofrida, di Banda Aceh, Selasa.

Menurut prakiraan BMKG, hujan ringan telah terjadi sejak pukul 04.00 hingga 22.00 WIB hari ini.

Rabu (18/9) juga diperkirakan akan mengalami hujan ringan mulai pukul 04.00 hingga 13.00 WIB, serta malam hari pukul 22.00 WIB. 

Prediksi cuaca serupa juga berlaku untuk Kamis (19/9) hingga Jumat (20/9), sementara akhir pekan pada Sabtu (21/9) dan Minggu (22/9) cuaca akan lebih dominan berawan tebal.

Baca Juga: Kata Direktur Kebijakan Publik Celios soal Dampak Dualisme Kepimpinan Kadin

Nofrida menjelaskan, kondisi cuaca ini dipengaruhi oleh adanya gelombang Rossby di wilayah Sumatera bagian utara, belokan angin (shearline), serta konvergensi di wilayah Aceh. 

Selain itu, suhu permukaan laut yang lebih hangat di utara dan barat Aceh juga meningkatkan penguapan, yang berpotensi memperkuat pembentukan awan hujan di wilayah tersebut.

Pihak BMKG juga mengeluarkan peringatan dini mengenai kemungkinan terjadinya hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang di beberapa wilayah. 

Pada Selasa (17/9), hujan lebat diperkirakan melanda wilayah Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Subulussalam, Aceh Singkil, Simeulue, Aceh Timur, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x