Kompas TV nasional peristiwa

Begini Suasana Pesawat yang Membawa Paus Fransiskus selama Perjalanan ke Indonesia

Kompas.tv - 3 September 2024, 14:18 WIB
begini-suasana-pesawat-yang-membawa-paus-fransiskus-selama-perjalanan-ke-indonesia
Suasana saat Paus Fransiskus menyapa sejumlah wartawan di dalam pesawat komersial ITA Airways A330. Pesawat tersebut disewa khusus oleh rombongan Paus Fransiskus sejak dari Bandara Internasional Leonardo da Vinci, Fiumicino, Roma, Senin (2/9/2024). (Sumber: KOMPAS/JOSIE SUSILO)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Katolik Dunia Paus Fransiskus telah tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024) siang.

Pesawat A330-900 ITA Airways dengan nomor penerbangan AZ4000 yang ditumpangi Paus Fransiskus mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten sekira pukul 11.16 WIB.

Total Paus Fransiskus menempuh perjalanan sejauh 11.354 kilometer dari Bandara Internasional Leonardo da Vinci, Fiumicino, Roma, selama 13,15 jam dengan melintasi 11 negara sebelum tiba di Indonesia.

Lantas bagaimana suasana selama penerbangan yang membawa Paus Fransiskus itu?

Dilansir dari Kompas.id, pada awal penerbangan, Paus Fransiskus menyempatkan diri menyapa para wartawan yang ikut dalam pesawat.

”Selamat sore Yang Mulia. Kita mengawali perjalanan panjang ini yang akan mengantar Anda ke Asia dan Oseania. Di sini ada sekitar 80 wartawan yang akan menemani Anda, yang sepuluh di antaranya berasal dari negara-negara yang hendak kita kunjungi. Mungkin, Anda berkenan menyampaikan sesuatu?” kata Juru bicara Takhta Suci, Matteo Bruni.

”Salam untuk kalian semua," ucap Paus Fransiskus dengan raut wajah gembira menyambut tawaran tersebut.

"Saya sungguh berterima kasih, kalian hadir dalam perjalanan ini, terima kasih untuk menemani. Terima kasih banyak dan saya akan bertemu Anda lagi dalam perjalanan panjang ini. Menurut saya, ini adalah perjalanan yang terpanjang dari yang sebelumnya,” tutur Paus Fransiskus.

Usai memberi salam pembuka, Paus Fransiskus kemudian berjalan di lorong pesawat dengan ditopang tongkat stainless sederhana miliknya.

Baca Juga: Media Asing Beritakan Tibanya Paus Fransiskus di Indonesia, Soroti Agenda di Masjid Istiqlal




Sumber : Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x