Kompas TV nasional politik

Usai Sidang Etik Unusia, Zainul Maarif yang Sempat Bertemu Presiden Israel Mengundurkan Diri

Kompas.tv - 20 Juli 2024, 13:37 WIB
usai-sidang-etik-unusia-zainul-maarif-yang-sempat-bertemu-presiden-israel-mengundurkan-diri
Lima warga Nahdlatul Ulama (NU) atau nahdliyin bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog. (Sumber: Dok. NU Online via Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Zainul Maarif, satu dari lima kader Nahdlatul Ulama (NU) yang melakukan pertemuan dengan Presiden Israel Isaac Herzog mengundurkan diri dari posisinya sebagai pegawai Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Unusia Dwi Putri, menjelaskan, Mahkamah Etik Pegawai Unusia telah menggelar sidang etik terhadap Zainul Maarif pada 17 Juli 2024.

“Sidang memutuskan bahwa yang bersangkutan terbukti melakukan pelanggaran etik dan menyatakan mundur sebagai pegawai Unusia,” ujarnya melalui keterangan tertulis, yang diterima redaksi Kompas.TV, Sabtu (20/7/2024).

Baca Juga: PBNU ke 5 Nahdliyin yang Temui Presiden Israel: Mundur atau Diberhentikan

“Pernyataan mundur ini disampaikan secara tertulis oleh yang bersangkutan pada tanggal 19 Juli 2024.”

Dalam proses klarifikasi, lanjut dia, Zain Maarif mengkonfirmasi beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Mahkamah Etik tentang seluruh aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan di Israel, mulai dari pemberangkatan, selama di sana, sampai setelah pulang dari Israel.

Berdasarkan hasil klarifikasi, Mahkamah Etik Pegawai menyimpulkan bahwa aktivitas Zainul Maarif ke Israel merupakan undangan pribadi dan tidak memiliki sangkut paut sama sekali dengan Unusia.

“Namun yang bersangkutan menggunakan atribut Unusia tanpa meminta dan mendapat persetujuan Pimpinan Unusia.”

“Kedua, tindakan dan perbuatan yang bersangkutan ke Israel tidak mewakili sikap Unusia dan justru bertolak belakang, serta berdampak negatif terhadap Unusia sebagai institusi pendidikan tempat yang bersangkutan bekerja,” ujarnya.

Ketiga, lanjut dia, terlepas bahwa tindakan dan perbuatan yang bersangkutan merupakan bagian dari ekspresi kebebasan berpendapat pribadinya sebagai warga negara, tindakan kunjungan serta pertemuan, dan mengunggah foto serta video beserta caption di media sosial, menunjukan tidak adanya kepekaan dan sensibilitas terhadap kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

“Tindakan tersebut juga dapat dimaknai melegitimasi perbuatan rezim Israel terhadap warga Palestina, yang bertentangan dengan sikap resmi Jam’iyah Nahdlatul Ulama yang mendukung perjuangan warga Palestina.”

Sebelumnya, beredar foto lima tokoh muda Nahdliyin bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog.

Kelimanya adalah Zainul Maarif merupakan dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) yang juga Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PWNU Jakarta.

Kemudian Munawir Aziz sebagai Sekretaris Umum Persatuan Pencak Silat yang juga juga Sekum Pagar Nusa.

Baca Juga: PBNU Sesalkan 5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel: Bertentangan dengan Sikap ke Palestina

Nurul Barul Ulum dan Izza Anafisa Dania adalah anggota dari Pimpinan Pusat Fatayat NU. Sedangkan Syukron Makmun adalah Ketua Pengurus Wilayah NU Banten.


Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf sudah meminta maaf secara resmi kepada semua pihak. Ia juga berjanji akan mengklarifikasi kepada lima orang yang berangkat ke Israel.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


VOD

BBM Subsidi Dibatasi Mulai 1 Oktober 2024

5 September 2024, 23:37 WIB

Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x